Mengingat Maleo, Mobil Rancangan BJ Habibie untuk Rakyat Indonesia

Ditulis oleh : Farah Diba Agustine

12 Sep 2019

momobil.id - Tidak pernah berhenti belajar dan berinovasi semasa hidupnya, almarhum BJ Habibie telah berhasil membuat terobosan di bidang otomotif dan teknologi. Salah satu karya legendarisnya yakni pesawat N250. Namun selain pesawat, ternyata Habibie juga pernah menggarap proyek mobil nasional (mobnas) yang diberi nama Maleo.

Nama Maleo diambil dari burung endemik Sulawesi. Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) merupakan lembaga yang merintis mobil ini pada tahun 1993, namun mulai serius dikembangkan pada tahun 1996. Habibie kemudian juga menjabat sebagai Menristek Kabinet Pembangunan VII (1993-1998)

Dilihat dari bentuknya, Maleo merupakan mobil sedan. Proyek Maleo sengaja dirancang BJ Habibie sebagai mobil yang terjangkau untuk rakyat Indonesia. Sama halnya seperti brand mobil Jerman, Volkswagen, yang juga memiliki arti ‘mobil rakyat’.

Rencananya, Maleo akan mengadopsi teknologi dari pabrikan Inggris, yaitu Rover. Teknologi yang diambil kemudian dilokalisasi dengan komponen buatan Indonesia. Seperti dilansir Kompas, Maleo rencananya dijual seharga Rp25 juta hingga Rp30 juta saat itu. Harga Maleo sebagai mobil nasional bisa ditekan karena proyek ini memanfaatkan sumber dari dalam negeri sekitar 60–70 persen.

Spesifikasi Maleo

Mobil Maleo memiliki dimensi panjang 3.520 mm, tinggi 1.380 mm dan wheelbase 2.270 mm. Meskipun dalam rancang bangunnya disebutkan antara 1.100 cc sampai 1.300 cc, mesin Maleo diketahui berkapasitas 1200 cc, 3-silinder  

Kala itu, prototipe Maleo akan dilluncurkan pada tahun 1997. Namun proyek ini tidak pernah sampai ke tahap produksi karena proses pendanaan berhenti akibat adanya proyek mobnas lain, yakni Timor.

Terjadinya krisis moneter pada tahun 1998 semakin memutus harapan Maleo untuk diproduksi. Begitu juga dengan proyek mobnas Timor yang akhirnya terhenti karena dianggap menyalahi peraturan dagang dunia.

Sumber gambar: WION

  • News
  • BJ Habibie
  • mobil maleo
  • maleo
  • mobil nasional
  • mobnas

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

JAKARTA UTARA

2015
Otomatis

175 juta

MEDAN

2015
Otomatis

82 juta

MEDAN

2015
Manual

142 juta

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More