Mengintip Keunggulan dari Rantis Pindad Maung 4×4

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 29 January 2024

Mengintip Keunggulan dari Rantis Pindad Maung 4×4

momobil.id – PT Pindad (Persero) dikenal sebagai produsen otomotif asal Indonesia yang merilis sejumlah kendaraan tempur yang mampu memenuhi kebutuhan pertahanan dan keamanan nasional. Kendaraan taktis atau Rantis yang diproduksi oleh Pindad adalah Pindad Maung 4×4. Lantas, apa keunggulan dari rantis Pindad Maung 4×4?

Pindad Maung 4×4 sendiri merupakan kendaraan yang ditujukan untuk mendukung operasi jelajah. Selain kemampuannya dalam menangani segala medan, mobil ini juga dapat dijadikan sebagai kendaraan angkut personel.

Terdapat tiga varian yang diproduksi oleh Pindad, yakni Komando yang dirancang untuk komandan, Jelajah yang dirancang sebagai kendaraan operasional dan lapangan, serta Tangguh untuk kepentingan operasi dan latihan tempur yang dilengkapi oleh senjata.

Spesifikasi Pindad Maung

Secara dimensi, Pindad Maung memiliki ukuran yang cukup besar. mobil ini memiliki panjang 4.931 mm, lebar 1.640 mm, tinggi 1.820 mm, dan jarak sumbu roda sejauh 3.090 mm. Pada bagian kaki-kakinya, Pindad Maung dibekali dengan velg berukuran 17 inci yang dibalut ban berkode Mud Terrain atau MT.

Soal tampilan, Pindad Maung terlihat gagah dengan kap mesin yang dibuat tegak. Mobil ini hadir dengan lima buah pintu, dua pada sisi kanan dan kiri, serta satu pada bagian belakang. Pindad Maung juga tersedia dalam pilihan atap hard top, soft top, dan atap terbuka.

Bagian kaki-kaki dari Pindad Maung dirancang agar mampu melewati segala jenis medan. Pada bagian depan, mobil gagah ini hadir dengan suspensi independent coil spring. Sementara suspensi bagian belakang mengadopsi rigid/independent dengan shock absorber.

Baca Juga: Bakal Hadir di Indonesia, Begini Spesifikasi GMC Hummer EV

Soal performa, Pindad Maung mengadopsi mesin diesel 4 silinder turbocharged berkapasitas 2,5 liter yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 136 daya kuda dan torsi 400 Nm. Tenaga disalurkan ke empat roda dengan transmisi manual 6-percepatan. Dengan mesin tersebut, Pindad Maung mampu melaju dengan kecepatan maksimal 120 km/jam. Mesin tangguh dilengkapi dengan tangki BBM 80 liter.

Perlengkapan pada Pindad Maung

Keunggulan dari Pindad Maung 4×4 adalah kemampuannya yang dapat digunakan sebagai kendaraan multifungsi. Mobil bergaya SUV ini dapat dijadikan sebagai kendaraan angkut personel, komanso, pengintauan, logistik, bahkan dapat dilengkapi dengan senjata.

Berdasarkan situs resmi pindad, kendaraan ini dapat dilengkapi dengan konsol senjata SS2-V4, GPS navigasi, tracker, dan bracket senjata 7,62 mm. Mobil ini juga dilengkapi dengan APAR, hi-lift jack, 4 titik derek, dan winch 4,5 ton.

mobil terkait

Rp 175.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 285.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 370.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 165.000.000

Individu

SIDOARJO

Rp 145.000.000

Individu

SIDOARJO

Rp 98.000.000

Individu

SIDOARJO


Kembali ke atas