Mengintip Keunggulan Mesin Boxer pada Subaru Forester

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 20 May 2022

Mengintip Keunggulan Mesin Boxer pada Subaru Forester

momobil.id – Subaru Corporation baru saja kembali ke pasar otomotif Indonesia. Pabrikan otomotif asal Jepang ini merilis Subaru Forester pada Rabu (18/5). Selain memiliki fitur yang canggih, Subaru Forester juga dilengkapi dengan konfigurasi mesin yang berbeda dengan SUV lainnya. Ketika kebanyakan SUV mengusung mesin inline atau segaris, Subaru Forester menggunakan mesin dengan gerak piston menyamping atau boxer. Lantas, apa keunggulan mesin boxer pada Subaru Forester jika dibandingkan dengan mesin lain?

Mesin boxer pada Subaru Forester memiliki keunggulan dalam hal keseimbangan. Marketing Communication Manager Subaru Indonesia, Ismail Ashlan mengungkapkan bahwa keseimbangan pada mesin boxer diakibatkan oleh gerak menyamping pada piston. “Subaru boxer engine, gerak pistonnya ke kanan dan ke kiri. Jadi keseimbangannya bisa dibilang paling sempurna dibanding mesin inline, mesin V, serta mesin-mesin lainnya,” ujar Ismail dilansir dari detikOto.

Baca Juga: Subaru Forester Resmi Hadir di Indonesia, Segini Harganya

Mesin boxer memiliki letak poros simetris 180 derajat. Konfigurasi tersebut memungkinkan untuk posisi mesin yang lebih rendah dan memiliki low center gravity. Berkat mesin yang lebih rendah, pengendalian mobil menjadi lebih stabil dan menyenangkan. Keunggulan pada mesin boxer ini kemudian dikawinkan dengan sistem penggerak empat roda Symmetrical All Wheel Drive (AWD). Symmetrical AWD yang digunakan pada Subaru Forester dapat memberikan tenaga yang rata pada keempat roda, sehingga dapat memberikan traksi yang maksimum. Teknologi AWD ini juga diklaim lebih stabil, efisien, dan responsif pada jalan licin.

Sebagai informasi, Subaru menyematkan mesin naturally aspirated boxer 4 silinder berkapasitas 1.998 cc. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga sebesar 152 hp dengan torsi sebesar 196 Nm. Menariknya, tenaga tersebut disalurkan ke empat roda lewat sistem drive train symmetrical all wheel drive (AWD). Mobil ini menggunakan transmisi otomatis CVT Lineartronic 6 percepatan.

Mobil ini hadir dalam dua varian, yaitu Forester 2.0i L dan Forester 2.0i S EyeSight. Soal harga, varian 2.0i L dibanderol dengan harga Rp579,5 juta on the road Jakarta. Sementara untuk varian 2.0i S EyeSight dibanderol dengan harga Rp659,5 juta on the road Jakarta. Kedua tipe ini dijual di Indonesia dengan status CBU.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas