Mengintip McLaren MP4-12C, Mobil yang Kecelakaan di Tol Jagorawi

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 4 May 2020

Mengintip McLaren MP4-12C, Mobil yang Kecelakaan di Tol Jagorawi

momobil.id – Kecelakaan di Tol Jagorawi kembali terjadi lagi. Kali ini melibatkan supercar mewah asal Inggris, yaitu McLaren MP4-12C. Kecelakaan tunggal ini terjadi pada hari Minggu (03/05/2020) di Km 43 Tol Jagorawi. Mobil McLaren yang ditumpangi oleh Eric ini mengalami selip kemudian menabrak pohon palem yang berada di pinggir jalan tol.

MP4-12C sendiri merupakan supercar asal Inggris yang diposisikan untuk melawan Ferrari 458. Setelah penjualan McLaren F1 dihentikan pada tahun 1998, MP4-12C ini merupakan mobil pertama McLaren yang diproduksi, didesain, dan mobil sebagai mobil jalanan milik McLaren. Di desain oleh Frank Stephenson, MP4-12C menggunakan sasis MoniCell yang secara keseluruhan terbuat dari serat karbon.

Desain

Desain aerodinamis pada MP4-12C terlihat pada bagian depan, dimana bagian depan dibuat lebih rendah dibanding bagian belakang. Pada bagian depan, mobil dilengkapi dengan lampu yang menyipit dan grill pada bagian bumper depan. Bagian samping dan bagian belakang mobil ini memiliki desain yang tidak seekstrim mobil supercar pada umumya. Beralih pada bagian interior, mobil ini memiliki dashboard yang terlihat sederhana dengan 1 lubang kisi AC pada bagian tengah. Dashboard MP4-12C terlihat sederhana dan tidak memiliki banyak pengaturan. Secara keseluruhan, desain dari MP4-12C terlihat sederhana dan minimalis, namun tetap sporty.

Fitur

Pengunaan teknologi pada mobil ini pada zamannya merupakan yang terbaik dalam kelasnya. Mp4-12C dilengkapi dengan sensor pada pintu, sehingga tidak ada gagang pintu pada mobil ini. Selain itu, sistem Infotainment IRIS disematkan pada mobil ini. Salah satu fitur yang paling terkenal dalam MP4-12C adalah fitur “Pro Active Chasis Control” dimana mobil ini menggunakan konfigurasi hidrolik yang unik. Sistem ini memberikan pengaturan yang lebih kuat sehingga pengendaraan mobil menjadi lebih nyaman ketika bergerak dalam kecepatan lambat dan konstan.

Baca Juga : McLaren 720S, Mobil Super Fast & Furious dengan Body Serat Karbon

Mesin

Dalam segi mesin, MP4-12C dipersenjatai dengan mesin V8 Biturbo berkapasitas 3,8L. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 592hp pada 7.000rpm dan torsi sebesar 600Nm. Kombinasi dari mesin V8 Biturbo dengan bobot hanya 1.301kg menghasilkan performa yang luar biasa. McLaren mengklaim bahwa mobil ini bisa meraih 0-100km/jam hanya dalam waktu 3,1 detik. Mesin ini kemudian dikawinkan dengan transmisi otomatis seamless shift gearbox dengan tujuh percepatan.

Sumber gambar: caranddriver.com


Kembali ke atas