Menikmati Perjalanan Aman Dan Nyaman Yang Hemat BBM Dengan Mesin Mobil 2000 cc

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 17 October 2018

Menikmati Perjalanan Aman Dan Nyaman Yang Hemat BBM Dengan Mesin Mobil 2000 cc

Tips Berkendara | Mobil Bekas

Semakin besar cc kendaraan, maka akan semakin konsumtif penggunaan bbm. Benarkah? Hal ini sebenarnya dapat diantisipasi dengan cara mengemudi yang tepat. Ini cara hemat BBM mengendarai mesin mobil 2000 cc.

Gunakan bahan bakar yang tepat

Nilai oktan yang sesuai kebutuhan mesin kendaraan dan tidak meninggalkan kerak sisa pembakaran, dapat membuat kinerja mesin menjadi lebih efisien dan membuat jarak tempuh lebih jauh. Maka dari itu sesuaikan pemakaian bahan bakar sesuai spesifikasi mesin kendaraan Anda. Nilai oktan yang terlalu rendah bisa sangat mengganggu kinerja mesin, sehingga perputaran roda-roda di dalamnya menjadi tersendat.

Jangan ngebut

Perlambat kendaraan jika telah melewati 80 kpj. Pasalnya, menambah kecepatan 10 persen di atas 80 kpj sama saja dengan menghabiskan bahan bakar lebih banyak 10 hingga 20 persen BBM yang dikonsumsi kendaraan secara normal. Mematikan pendingin ruangan (air conditioner/AC) saat tak diperlukan juga mempengaruhi konsumsi BBM.

Jaga jarak

Terdengar sepele tapi perputaran mesin yang meningkat ataupun menurun secara drastis karena berakselerasi dan mengerem secara mendadak akan mempengaruhi asupan BBM ke dalam dapur pacu. Prinsipnya kalau tidak harus mengerem, jangan injak pedal rem. Kalau kendaraan depan terlihat lampu remnya menyala, mulailah melepas pedal akselerator. Gunakan momentum daya dorong yang memperlambat daripada menginjak pedal gas terus.

Jaga putaran mesin

Biasanya mobil dengan mesin bensin atau diesel akan bekerja efisien di rentang putaran mesin 1,500 – 2,500 rpm (mesin bensin) dan 1100 – 2100 rpm (mesin diesel, karena disitulah torsi optimal tersedia). Oleh karena itu lakukan perpindahan gigi transmisi di putaran tersebut. Paling hemat jika mobil melaju dengan konstan di putaran tersebut dengan menggunakan gigi transmisi yang tertinggi, biasanya akan tercapai kecepatan kendaraan antara 70 km/jam- 80 km/jam.

Efisiensi bahan bakar tidak hanya soal pengaturan mesin yang telah ditentukan oleh pabrik. Namun dengan cara mengemudi yang tepat, konsumsi bahan bakar pun bisa menjadi sangat irit, lho.

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock

mobil terkait

Rp 228.000.000

Individu

ROKAN HULU

Rp 725.000.000

Individu

ROKAN HULU

Rp 268.000.000

Individu

ROKAN HULU

Rp 498.000.000

Individu

ROKAN HULU

Rp 175.000.000

Individu

ROKAN HULU

Rp 220.000.000

Individu

ROKAN HULU


Kembali ke atas