Begini Cara Menjaga Suspensi Mobil agar Tetap Empuk

Ditulis oleh : admin | 27 January 2022

Begini Cara Menjaga Suspensi Mobil agar Tetap Empuk

momobil.id – Suspensi merupakan bagian mobil yang mendukung kenyamanan saat berkendara terutama ketika berkendara untuk perjalanan jauh. Perawatan pada komponen suspensi perlu dilakukan agar kenyamanan pada mobil terus terjaga. Oleh karena itu, penting bagi para pemilik mobil untuk mengetahui cara menjaga suspensi agar tetap empuk dan nyaman saat dibawa berkendara.

Perawatan pada suspensi tidak susah melainkan mudah dan dapat dilakukan sendiri. Salah satu hal mudah yang dapat dilakukan oleh pemilik mobil adalah dengan perawatan secara berkala. Pemilik mobil tentunya dapat mengetahui kondisi dari suspensi mobil, bahkan gejala yang dapat terlihat ketika suspensi bermasalah.

“Pertama, tentu dengan melakukan perawatan servis rutin sehingga bisa mengetahui secara dini apabila terjadi abnormality di suspensi. Terkhusus di kendaraan pada umumnya,” ujar Edwin Dwi Novianto, Kepala Bengkel Auto2000 Permata Hijau, dilansir dari Kompas.com.

Baca Juga: Kenali Dulu Tipe Air Suspension Sebelum Modifikasi Mobil Menjadi Ceper

Perawatan pada suspensi juga bisa dilakukan dengan memantau komponen yang terhubung langsung maupun tidak langsung ke bagian suspensi. Salah satunya yaitu tekanan dan kapasitas mobil yang berpengaruh terhadap suspensi. Tekanan ban harus sesuai dengan standar dan kapasitas muatan mobil diusahakan untuk tidak melebihi batas normalnya sehingga beban suspensi tidak terlalu berat. 

Selain itu, Pemilik mobil juga disarankan untuk melakukan spooring dan balancing ke seluruh roda mobil secara berkala. Spooring dan balancing juga bisa dilakukan setiap jarak tempuh mencapai 10.000 kilometer. Hal ini dilakukan untuk menjaga sistem suspensi pada mobil tetap empuk dan awet. Selain melakukan spooring dan balancing, pemilik mobil juga perlu memperhatikan gaya berkendara.

“Menjaga pola pengendaraan dan menghindari kondisi-kondisi jalan yang dapat mengakibatkan keausan berlebih pada ban dan kerusakan sistem suspensi juga penting,” lanjut Edwin. 

Jika mobil berhenti dan terdapat cairan mencurigakan di kolong mobil, atau ketika suspensi mengeluarkan bunyi yang cukup keras, maka harus segera menghubungi bengkel resmi terdekat untuk di cek. 

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas