Merasakan Fungsi Defogger Ketika Berkendara Menerobos Hujan

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 22 May 2020

Merasakan Fungsi Defogger Ketika Berkendara Menerobos Hujan

momobil.id – Fitur defogger memang tak dimiliki oleh semua jenis mobil. Namun bagi mobil yang memiliki fitur ini, bisa merasakan manfaat dan fungsi defogger ketika sedang berkendara dalam cuaca dingin atau hujan.

Fungsi defogger adalah menghilangkan embun yang menempel pada kaca. Dengan menyalakan defogger, maka embun akan menguap akibat panas yang dihasilkan oleh perangkat pemanas tersebut. Embun pada kaca biasanya muncul pada bagian dalam karena adanya perbedaan suhu antara di dalam kabin dan di luar. Keberadaan embun akan mengganggu visibilitas pengemudi, terutama di bagian belakang.

Itu sebabnya pabrikan mobil menghadirkan fitur defogger agar embun yang menempel lebih mudah dihilangkan sehingga membuat pengemudi menjadi lebih nyaman menempuh perjalanan. Defogger biasanya dipasang di kaca bagian belakang yang bentuknya berupa garis-garis horizontal.

Defogger merupakan kawat tipis yang berfungsi sebagai kondensator panas sehingga suhu kaca terjaga dan embun tidak terbentuk akibat perbedaan suhu di dalam kabin dan di luar.

“Defogger hanya berfungsi sebagai penghangat kaca untuk menghilangkan embun, tetapi tidak bisa membersihkan kotoran. Karena itu, keberadaan wiper di kaca belakang masih dibutuhkan,” ujar Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi, seperti dilansir Kompas.com.

Baca juga: Menggunakan Defogger Terus Menerus Bisa Mengakibatkan Kaca Belakang Retak

Didi mengatakan, defogger ini dihidupkan saat masih ada embun saja. Tetapi, setelah embun sudah bersih dan visibilitas pengemudi tidak terganggu sebaiknya defogger langsung dimatikan. Untuk mematikan defogger pengemudi bisa menekan tombol yang bergambar garis tiga bergelombang.

Adapun selain di kaca bagian belakang, pada mobil-mobil premium terbaru defogger juga dipasang pada kaca spion.



Kembali ke atas