Merawat Jok Mobil Kulit dengan Cara Sederhana

Ditulis oleh : Redaksi momobil.id | 4 January 2019

Merawat Jok Mobil Kulit dengan Cara Sederhana

Spare Part Mobil | Mobil bekas

Sebagus apapun mobil yang Anda miliki, kurang sempurna rasanya jika jok mobil tidak terawat dengan baik. Selain tidak enak dilihat, juga menghilangkan mood saat berada di dalamnya. Terutama ketika AC bekerja kurang maksimal, keringat yang menempel karena kegerahan akan meninggalkan bau bahkan noda yang sering sulit dibersihkan.

Ketika Anda membeli mobil dan ternyata joknya berbahan kain, pasti akan ekstra merawatnya, baik menghindarinya dari basah, debu, dan masih banyak lagi. Ada baiknya lengkapi dengan cover yang dapat melindungi jok utama dari kotoran. Selain itu juga mudah dibersihkan kapanpun.

Dari sekian jenis bahan pelapis jok mobil, bahan kulit termasuk pelapis favorit bagi para pengendara dengan varian kulit asli atau semi kulit. Meski terlihat premium, perawatan jok kulit ternyata tidak seribet yang Anda pikirkan dan tidak mahal. Untuk langkah pembersihan jok kulit asli, Anda dapat menggunakan cara sebagai berikut:

  • Menggunakan Sabun bayi

Iris tipis sabun bayi batangan secukupnya dan larutkan dalam air. Gunakan busa untuk membersihkannya. Hasilnya, selain bersih, penggunaan sabun bayi pada jok kulit asli juga membuat tampilannya terkesan doff alias tidak mengkilat. Tampilan ini umumnya disukai karena lebih elegan secara visual.

  • Menggunakan Plas Chamois

Di Indonesia, orang kenal merek Kanebo sebagai kain lap serba guna yang berfungsi ganda: menyerap air sekaligus mengeringkan. Di negara asalnya, Jepang, Kanebo punya merek asli Plas Chamois. Kain lap itu wajib ada di tiap mobil karena kemampuannya tersebut. Selain bermanfaat membersihkan bodi mobil, teksturnya yang fleksibel dan halus dapat membersihkan bagian dalam mobil seperti karpet langit-langit, dashboard, hingga jok kulit. Untuk perawatan jok mobil, Plas Chamois dapat dituangkan cairan pembersih khusus jok kulit kemudian dilap secara perlahan hingga merata.

  • Menggunakan Cairan Pembersih

Cairan pembersih khusus jok berlaku untuk jok kulit maupun semi kulit. Namun jika ingin berhemat, dapat menggunakan shampoo, cairan pembersih kaca, maupun cairan pembersih dengan pH rendah. Hindari penggunaan alkohol dan deterjen, karena dapat merusak jok berbahan semi kulit.

  • Menghindari Parkir di Bawah Sinar Matahari Langsung

Selain cat, yang berisiko tinggi akan cepat rusak karena terlalu sering dijemur di panas matahari langsung adalah jok dan dashboard. Gunakan sun visor untuk menutupi kaca depan mobil agar bagian dalam mobil tetap teduh terlindungi.

Perlu Anda ingat bahwa dalam membersihkan jok mobil, usahakan Anda mengawalinya dengan menggunakan vacuum cleaner. Lakukan perawatan rutin setidaknya sekali dalam satu atau dua bulan. Untuk menjaga kelembapan jok kulit, silakan gunakan kondisioner khusus setiap 3-4 bulan sekali.

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock

mobil terkait

Rp 175.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 285.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 370.000.000

Individu

MAGELANG

Rp 165.000.000

Individu

SIDOARJO

Rp 145.000.000

Individu

SIDOARJO

Rp 98.000.000

Individu

SIDOARJO


Kembali ke atas