Mercedes Benz Resmi Luncurkan EQE dan EQS di Indonesia

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 10 December 2022

Mercedes Benz Resmi Luncurkan EQE dan EQS di Indonesia

momobil.id – Lini mobil listrik di Indonesia sudah bertambah. PT Mercedes Benz Distribution Indonesia (MBDI) resmi meluncurkan Mercedes Benz EQE dan Mercedes Benz EQS di Tanah Air. Kedua mobil listrik asal Jerman tersebut merupakan kendaraan premium dengan segudang fitur canggih. Lantas, bagaimana dengan spesifikasinya?

Mercedes Benz EQS

Mercedes Benz EQS
Mercedes Benz EQS

1. Tampilan Eksterior

Seri EQS merupakan mobil listrik flagship Mercedes Benz saat ini di Indonesia. Mobil ini tampak futuristis dengan bentuk yang membulat. Desain lampu LED terlihat menyatu dengan grille pada bagian depan. Lampu depan EQS juga sudah dilengkapi dengan Ultra Range High Beam dan Adaptive High Beam Assist Plus.

Pada bagian samping, EQS disematkan velg besar dengan motif garis-garis penuh dan rapat. Mobil ini dilengkapi dengan velg berukuran 21 inci berbahan light-alloy. Pada bagian belakang, EQS tetap menonjolkan desain khas Mercedes Benz dengan lampu belakang yang pipih berteknologi LED.

2. Interior dan Fitur

Masuk ke bagian kabin, aura mewah terasa berkat comfort leather seats dengan 4-way lumbar support dan active ambient lighting yang menyala ketika mesin dihidupkan. EQS juga dilengkapi dengan ruang bagasi yang luas, suspensi Airmatic, 4,5 degrees Rear-axle steering, dan panoramic sliding sunroof.

Beralih ke bagian dashboard, terdapat MBUX Hyperscreen yang terdiri dari tiga layar OLED. Layar kluster instrumen berukuran dan layar penumpang depan berukuran 12,3 inci. Sementara layar tengah sebagai control panel memiliki ukuran 17,3 inci. Ketiga layar dilapisi dengan kaca, sehingga tampak menyatu.

Soal fitur keselamatan, Mercedes Benz EQS sudah dibekali fitur canggih. Fitur tersebut antara lain Pre/safe System Distronic Active Distance Assist, Parktronic Active Parking Assist, dan airbag pada bagian jendela serta tempat duduk.

4. Spesifikasi

Dari segi dapur pacu, Mercedes Benz EQS ditenagai baterai 12 cell 108 kWh. Baterai tersebut mampu menempuh jarak sejauh 770 km dengan konsumsi daya listrik WLTP 20,4-15,7 kWh/100 km.

Soal pengisian daya, dibutuhkan waktu sekitar 10 jam untuk mengisi daya baterai menggunakan Wallbox 11 kW. Sementara dengan DC fast charging, pengisian daya 10% ke 80% membutuhkan waktu 45 menit.

5. Harga Mercedes Benz EQS di Indonesia

Di Indonesia, EQS hadir dalam dua pilihan varian, yaitu EQS 450+ Electric Art dan EQS 450+ AMG Line. Berikut harga dari Mercedes Benz EQS. (Harga sudah termasuk garansi baterai 10 tahun)

  • EQS 450+ Electric Art = Rp2,98 miliar (off the road)
  • EQS 450+ AMG Line = Rp3,41 miliar (off the road)

Baca Juga: Arti Singkatan dari AMG Mercedes Benz dan Sejarahnya

Mercedes Benz EQE

Mercedes Benz EQE
Mercedes Benz EQE

1. Tampilan Eksterior

Secara tampilan, Mercedes Benz EQE mirip dengan varian EQS. Hanya saja dimensi dari EQE lebih kompak jika dibandingkan dengan EQS. Pada bagian depan terdapat desain lampu LED yang menyatu pada bagian grille yang besar dan tegas.

Pada bagian samping, EQE hadir dengan velg berukuran 20 inci 5-twin-spoke berbahan light alloy. Velg tersebut terlihat lebih sporty dengan aksen biru samar pada bagian dalam jika dibandingkan dengan varian EQS.

2. Interior Mercedes Benz EQE

Beralih ke bagian interior, konsumen disuguhkan dengan interior mewah. Jok pada EQE sudah dilapisi kulit dan diberi fitur 4-way lumbar support. Bagian setir EQE didesain sporty, berbeda dengan EQS yang lebih elegan.

Mercedes Benz EQE dilengkapi dengan dua buah layar pada bagian dashboard. Bagian sisi pengemudi menggunakan layar 12,3 inci, sementara layar 12,8 inci pada bagian tengah.

3. Fitur

Mercedes Benz EQE dilengkapi dengan berbagai fitur guna menunjang kenyamanan berkendara. Fitur tersebut antara lain panoramic sliding sunroof, front end black panel dengan pola Mercedes-Benz, Active Ambient Lighting, sistem audio Burmester 3D surround sound, hingga pengatur suhu otomatis dengan 4 zona iklim.

Sementara fitur keselamatan pada EQE sudah dilengkapi dengan Pre-safe System, Distronic Active Distance Assist, Active Lane Keeping Assist, Adaptive High Beam Assist Plus, dan Tire Pressure Monitoring System.

4. Spesifikasi Performa

Soal performa, Mercedes Benz EQE menggunakan baterai berkapasitas 90 kWh yang terletak pada bagian bawah kendaraan. Tenaga yang dihasilkan sebesar 292 Tk dengan torsi 565 Nm. Dengan baterai tersebut, EQE mampu berjelajah hingga 673 Km dengan konsumsi daya listrik WLTP 18,7-15,9 kWh/100 km.

5. Harga

Mercedes Benz EQE di Indonesia hanya tersedia dalam satu pilihan varian, yaitu EQE 350+ Electric Art. Mobil ini dibanderol dengan harga Rp2,21 miliar (off the road). Harga tersebut termasuk garansi baterai selama 10 tahun.

Sumber gambar: motor1.com

mobil terkait

Rp 295.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 622.900.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 346.700.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 324.000.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA


Kembali ke atas