Mirip Belum Tentu Sama, Ini Perbedaan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 6 August 2020

Mirip Belum Tentu Sama, Ini Perbedaan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

momobil.id – Pada kuartal pertama 2021 nanti, Toyota dan Daihatsu diprediksi kembali meluncurkan produk kembar yakni Toyota Raize dan Daihatsu Rocky di Indonesia. Jika jadi meluncur, maka keduanya akan menyusul deretan produk kembar lainnya dari Toyota-Daihatsu seperti Agya-Ayla, Calya-Sigra, Avanza- Xenia, maupun Rush-Terios.

Meski memiliki kemiripan dari desain eksterior hingga desain interior, tetap ada perbedaan antara kedua produk ini. Seperti dilansir Tempo, perbedaan pertama Toyota Raize dan Daihatsu Rocky bisa dilihat pada bagian. Raize hadir dengan gril yang lebih sporty dan premium dibandingkan Rocky.

Toyota Raize hadir dengan gril trapesium besar bergaya khas Toyota yang terdiri dari sisipan mesh. Desain front-end mengingatkan pada Toyota RAV4 atau Toyota Yaris baru.

Sedangkan Rocky, tak ada gril langsung dengan adanya aliran udara berdesain rumah lebah. Pada DRL Rocky, memiliki desain tegak atau vertikal seperti pada Datsun GO. Adapun Toyota Raize memiliki desain horizontal dengan posisi lampu fog ada disampingnya. Perbedaan lainnya, logo merek yang berbeda diletakkan di setir.

Namun dari sisi mesin dan penggerak roda, tak ada perbedaan antara Raize dan Rocky. Daihatsu Rocky dijual dengan mesin 1.000 cc turbo. Mesin dikawinkan dengan transmisi CVT. Berdasarkan data spesifikasi, Daihatsu Rocky memiliki dimensi panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.620 mm.

Wheelbase Rocky memiliki panjang 2.525 mm. Mobil ini memiliki bobot 980 kg. Mesin 1.000 cc, 3 silinder, berpendingin air, dengan turbo intetcooler memiliki tenaga hingga 98 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 140 Nm pada 2.400-4.000 rpm. Mesin yang sama juga menggerakkan Toyota Raize. Baik Raize maupun Rocky ditawarkan dengan pilihan penggerak 2WD maupun 4WD.

Baca juga: Tips Menjaga Tekanan Angin Ban Pada Mobil yang Jarang Dipakai

Yang menarik, harga Rocky lebih mahal dari Raize. Pasalnya di Indonesia, harga untuk produk kembar biasanya selalu lebih mahal Toyota dibanding Daihatsu. Dari situs resmi Toyota Jepang, Raize dibanderol mulai 1.679.000 yen (sekitar Rp220 jutaan) untuk tipe X 2WD hingga 2.282.200 yen (sekitar Rp300 jutaan) untuk tipe Z 4WD.

Sementara harga Rocky dari situs resmi Daihatsu Jepang, sekitar 1.705.000 yen (sekitar Rp224 jutaan) untuk tipe L FF hingga 2.367.200 yen (sekitar Rp311 jutaan) untuk tipe Premium 4WD.



Kembali ke atas