Mitos Mengenai Ban Harus Lurus Ketika Parkir Mobil

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 3 May 2020

Mitos Mengenai Ban Harus Lurus Ketika Parkir Mobil

momobil.id – Pemilik mobil sudah seharusnya melakukan perawatan mobil. Perawatan bukan hanya dilakukan di bengkel resmi saja, namun pemilik mobil harus memahami hal-hal kecil. Salah satunya adalah cara memarkir mobil. Akhir-akhir ini banyak orang beranggapan bahwa ban mobil harus dalam posisi lurus saat parkir mobil. Sebagian orang beranggapan bahwa apabila ban tidak diparkir dengan lurus, maka akan merusak sistem power steering atau ESP (Electronic Power Steering). Sebagian orang juga takut bila komponen kemudi akan rusak jika memarkir dalam posisi ban yang berbelok dalam waktu lama.

Namun pada faktanya, isu parkir dengan kondisi ban tidak lurus dapat merusak power steering itu tidak benar. Parkir dengan ban yang dibelokkan tidak akan merusak power steering. Power steering tidak memiliki keterkaitan langsung dengan arah setir atau ban mobil. Dolf Valentino selaku Kepala Bengkel Daihatsu menjelaskan bahwa kondisi ban mobil saat parkir tidak selalu lurus. Dalam kondisi tertentu, ban posisi ban harus dibelokkan, terutama saat parkir di jalan menanjak dan menurun. Posisi ban kendaraan dalam keadaan lurus umumnya diterapkan untuk memudahkan kendaraan dipindahkan saat dalam keadaan parkir paralel atau parkir dengan keadaan lahan terbatas. Parkir dengan kemudi dibelokkan boleh saja, terutama pada kondisi jalan yang tidak rata, menurun atau menanjak.

Baca Juga : Gemar Mengoleksi Mobil Antik, Ini 6 Mobil Koleksi Andre Taulany

“Posisi roda harus lurus adalah supaya mudah parkir pararel, mudah untuk dipindahkan dan saat parkir di tempat yang sempit. Posisi roda harus berbelok ke satu arah, supaya aman saat mobil meluncur dengan sendirinya dan akan berhenti pada benturan di bibir trotoar jalan,” ujar Dolf dilansir dariĀ CNNIndonesia.com.

Roda mobil pada situasi tertentu harus dibelokkan, terutama pada jalan menurun. Hal ini bertujuan untuk membantu rem tangan ketika tidak berhasil menahan bobot kendaraan. Mobil akan akan tertahan jika ban dibelokkan, sehingga mobil tidak mudah meluncur ke bawah. Hal ini juga dapat meminalisir terjadinya tabrakan atau kecelakaan. Selain itu, mobil juga dapat terhindar dari pencurian, karena untuk mengembalikan setir agar lurus kembali diperlukan kunci mobil.



Kembali ke atas