Deretan Mobil Canggih yang akan Muncul di Olimpiade Jepang 2020

Ditulis oleh : Syah Rezi Tungga Dewi | 29 August 2019

Deretan Mobil Canggih yang akan Muncul di Olimpiade Jepang 2020

momobil.id – Tidak terasa tahun depan Olimpiade musim panas 2020 akan diselenggarakan di Tokyo, Jepang. Olimpiade akan diselenggarakan mulai dari 24 Juli hingga 9 Agustus 2020. Jepang kini telah bersiap untuk membenahi dan mempersiapkan berbagai macam penunjang untuk Olimpiade, termasuk dalam hal mobil canggih yang akan mengangkut panitia dan peserta Olimpiade.

Mobil-mobil canggih ini dikembangkan oleh Toyota, salah satu produsen mobil terbesar di Jepang. Dihimpun dari Carscoops, inilah deretan mobil canggih yang akan menunjang Olimpiade Jepang 2020 nanti.

E-pallete

E-Palette adalah kendaraan antar-jemput yang menggunakan baterai listrik dengan kemampuan mengemudi otomatis level empat yang mendukung kelancaran transportasi jarak pendek. Kendaraan menerapkan platform lantai rendah sehingga hanya menyisakan sedikit atau tanpa celah sehingga posisi footstep mobil bisa sejajar dengan trotoar dan halte. Hal ini akan memudahkan mobilitas penumpang yang menggunakan kursi roda.

Belasan e-Palette akan berjalan secara terus-menerus dalam event Olimpiade untuk mendukung kebutuhan transportasi staf dan atlet. Setiap kendaraan akan memiliki panel operator untuk memantau operasi mengemudi otomatis.

APM (Accessible People Mover)

Sekitar dua ratus APM akan digunakan selama Olimpiade dan masing-masing berukuran sekitar 12,8 kaki (3,9 meter), lebar 5,2 kaki (1,6 meter) dan tinggi 6,6 kaki (2,0 meter). Toyota tidak merilis spesifikasi rincinya, tetapi mengonfirmasi bahwa APM akan memiliki jangkauan 62 mil (100 km) dan kecepatan tertinggi 12 mph (19 km / jam).

Karena Olimpiade akan dihadiri oleh banyak orang, termasuk orang tua dan kaum disabilitas, AMP telah dirancang untuk menjadi kursi roda yang ramah. Kursi baris kedua terlipat ke depan untuk memberi ruang bagi kursi roda, sementara akses ke kendaraan disediakan oleh tanjakan yang terintegrasi ke kusen samping.

Concept-i

Toyota Concept-i telah diperbarui dan akan digunakan sebagai kendaraan yang beroperasi di estafet obor Olimpiade dan kendaraan utama di maraton. Toyota juga akan mendemonstrasikan mengemudi otonom Level 4 Concept-i dan fungsi-fungsinya, termasuk “Agent Conversation” yang memungkinkan penumpang untuk berkomunikasi dengan kecerdasan buatan yang tertanam dalam Concept-i.

Tidak ada spesifikasi yang terungkap sejauh ini, tetapi Toyota telah mengkonfirmasi bahwa Concept-i akan ditenagai oleh listrik dari kemampuan otonom Level 4 dan akan dapat berinteraksi dengan penumpang.

Sumber gambar: Carscoops


Kembali ke atas