Mobil Diesel vs Mobil Bensin, Mana yang Lebih Baik?

Ditulis oleh : admin | 23 February 2017

Mobil Diesel vs Mobil Bensin, Mana yang Lebih Baik?

Momen membeli bekas seringkali dihadapkan dengan berbagai pertimbangan. Salah satu pertimbangan yang cukup menyulitkan adalah rekomendasi antara mobil bermesin diesel (berbahan bakar solar) atau mobil berbahan bakar bensin. Karena keduanya memiliki keunggulan yang sama baik, maka dalam mempertimbangkan hal ini, diperlukan kecermatan dan penyesuaian terhadap kebutuhan yang Anda perlukan.

Menjadi pembeli yang cerdas hukumnya wajib bagi Anda ketika dihadapkan pilihan antara mobil diesel atau mobil bensin. Jika Anda seseorang yang mengutamakan efisiensi berkendara maka, mobil jenis diesel adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Namun, jika Anda mengutamakan kenyamanan untuk bergaya stylish, maka mobil bensin biasanya cocok untuk Anda. Tentu saja, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk itu, saya akan jabarkan mengenai perbedaan antara mobil diesel vs mobil bensin. Mana yang lebih baik?

mobil diesel vs mobil bensin
Source: Quora

Mobil Diesel

  • Mobil diesel terkesan bandel

Secara umum, mobil diesel memang sangat cocok untuk perjalanan jauh. Maka dari itu, wajar apabila mobil diesel dikenal memiliki mesin yang bandel dan mampu menerjang berbagai medan jalanan yang sulit. Apalagi Anda tidak perlu khawatir jika kondisi jalan sedang hujan lebat atau dihadang genangan air yang cukup tinggi karena, mobil diesel tidak menggunakan terlalu banyak sistem elektrik, kabel busi, dan lain sebagainya, yang sangat rentan mengalami kerusakan apabila menerjang kondisi jalanan hujan atau banjir.

  • Hemat bahan bakar

Siapa bilang mobil berbahan bakar solar memiliki biaya pengeluaran bensin yang sangat boros? Jika Anda menggunakan mobil diesel untuk keperluan perjalanan jarak jauh, maka mobil diesel sangat efisien dalam mengkonsumsi bahan bakar. Apalagi hal ini didukung dengan bahan bakar solar atau bio-solar yang relatif lebih murah jika dibanding dengan bensin jenis premium, pertalite, dan pertamax. Bila dihitung secara keseluruhan, biaya bahan bakar diesel lebih rendah 30 sampai 50 persen dari mobil berbahan bakar bensin. Maka dari itu, mobil diesel menjadi salah satu alternatif yang lebih hemat.

  • Memiliki torsi yang besar

Mampu menerjang berbagai medan berat membuat mobil diesel memiliki tenaga seperti kuda liar. Bertenaga kuat dan mampu melaju tanpa batas adalah bukti bahwa mobil diesel memiliki torsi berdaya besar. Apalagi torsi besar yang mendukung mobil diesel ini semakin mantap dengan tekanan rpm yang mampu bertahan di angka yang rendah. Dengan dibekali kemampun tersebut, wajar jika mobil diesel dapat menekan penggunaan bahan bakar yang boros.

Mobil Bensin

  • Tingkat polusi lebih rendah

Seperti yang kita tahu, peningkatan polusi saat ini sudah semakin darurat. Tentu saja, banyak aspek yang mempengaruhi meningkatnya polusi udara saat ini. Termasuk mobil yang Anda pakai adalah salah satu aspek di dalamnya. Maka dari itu, beberapa produsen mobil ternama membuat inovasi mobil ramah lingkungan atau yang dikenal dengan istilah green car. Mobil jenis ramah lingkungan ini lah yang saat ini banyak diproduksi pada mobil berjenis bahan bakar bensin. Pada intinya, jika Anda memilih menggunakan mobil berbahan bakar bensin, berarti Anda sudah termasuk ke dalam seseorang yang ikut membantu mengurangi peningkatan polusi.

  • Spesifikasi mesin dan onderdil mudah dipahami

Umumnya mobil dengan bahan bakar bensin memiliki spesifikasi mesin yang sangat mudah untuk dipahami. Dengan komponen teknis yang sederhana untuk dipahami membuat mobil berbahan bakar bensin kiranya akan lebih mudah diketahui jika terjadi kerusakan. Pun onderdil yang tersedia biasanya cukup mudah untuk dicari di beberapa bengkel, baik bengkel resmi maupun bengkel non-resmi. Biasanya, beberapa kerusakan yang sering terjadi ada pada bagian radiator, aki, ataupun sistem elektrik pada komponen mesin mobil.

  • Pilihan tipe mobil lebih banyak

Jika pertimbangan Anda adalah berbagai pilihan tipe mobil, baik dari brand, jenis, maupun warna, maka mobil dengan tipe bahan bakar bensin adalah jenis mobil dengan beragam variasi yang dapat Anda pilih sesuai selera. Sebagai contoh, beragam mobil jenis hatchback atau LCGC (Low Cost Green Car) biasanya tidak memiliki varian mesin diesel. Padahal untuk tipe mobil jenis ini adalah salah satu mobil yang sangat diminati oleh banyak kalangan masyarakat. Sebut saja, Honda Brio, Toyota Agya, atau bahkan Datsun GO Panca adalah beberapa nama pilihan mobil berbahan bakar bensin yang memiliki tingkat penjualan cukup tinggi di pasar otomotif Indonesia.

Baca Juga : Apa sih Arti TRD Pada Mobil Toyota?

Setelah penjelasan yang singkat di atas, apakah Anda sudah dapat memastikan mobil jenis apa yang akan Anda pilih? Tentu saja, masing-masing diantara mobil diesel maupun mobil bensin memiliki keunggulan yang berbeda. Pada akhirnya, semua tergantung pada kebutuhan yang Anda perlukan. Jika sudah yakin mobil jenis apa yang Anda pilih, maka jangan ragu untuk mengajukan kredit mobil bekas, baik mobil diesel atau mobil bensin tersedia di Momobil.id. Tunggu apa lagi? Ajukan kredit Anda sekarang juga!


Kembali ke atas