Mobil Injeksi Jadi Boros BBM, Mungkin Ini Penyebabnya

Ditulis oleh : redaksi | 22 February 2020

Mobil Injeksi Jadi Boros BBM, Mungkin Ini Penyebabnya

momobil.id – Mobil dengan sistem injeksi cenderung lebih nyaman dan menyenangkan ketika digunakan. Sebab, mobil dengan sistem injeksi dapat membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Sayangnya, penggunaan mobil injeksi irit hanya ketika di awal pemakaian dan selanjutnya justru menjadi boros.

Lalu, apa yang menyebabkan mobil injeksi menjadi boros?Berikut beberapa faktor penyebab berikut penjelasannya.

Filter udara kotor

Hal ini akan mempengaruhi proses pembakaran dan udara yang menuju ke pembakaran menjadi tidak maksimal. Biasanya, hal ini ditandai dengan mobil berbunyi ngelitik.

Kerak di ruang mesin

Kerak menjadi masalah yang akan semakin parah karena dapat menyebabkan ruang bakar menyempit dari kondisi normal. Hal ini juga akan mempengaruhi proses pembakaran yang menyebabkan tenaga mesin berkurang.

Lubang nozzle injektor tersumbat

Salah satu yang menyebabkan mobil injeksi boros adalah karena tersumbatnya lubang nozzle injektor. Komponen ini memang sangat rentan tersumbat dan jika hal ini terjadi, maka akan menyebakan suplai bahan bakar menjadi berkurang dan terganggu.

Piston dan ring piston mulai aus

Kerja komponen piston dan ring piston bisa dibilang keras dan dapat menyebabkan komponen mulai terkikis. Akibatnya, kompresi kendaraan akan berkurang dan membuat tarikan mesin melambat dan kurang bertenaga.

Air radiator bermasalah

Konsumsi bahan bakar juga bisa menjadi boros bila ada masalah pada radiator. Jika air radiator masuk ke ruang bahan bakar, maka dapat menyebabkan bahan bakar menjadi lebih boros.

ECU dan sensor injeksi bermasalah

Penyebab mobil boros juga bisa dikarenakan ECU mobil dan sensor injeksi yang bermasalah. Hal ini bisa terjadi ketika sensor suhu mesin rusak karena tidak sesuai standar.

Mesin overheat

Mesin mobil yang mengalami overheat  juga bisa membuat mobil menjadi boros BBM. Penyebab mesin overheat bisa dikarenakan sistem pendingin tidak optimal. Komponen yang paling sering mengalami overheating adalah piston dan silinder.

Baca Juga: Kerap Mengantuk Ketika Mengemudi, Pahami Penyebabnya

Itu dia tujuh penyebab mobil injeksi boros BBM yang sering terjadi di mobil Anda. jika ada gangguan, maka pastikan Anda segera memperbaikinya dan tidak membiarkannya menjadi tambah parah.(Dwi Septi)

Sumber gambar: Shutterstock


Kembali ke atas