Mobil Kecil Jadi Trend Buat yang Muda

Mobil Kecil | Trend

momobil.id- Belakangan ini preferensi pilihan mobil di Indonesia semakin beragam. Beberapa tahun yang lalu MPV menjadi juara bagi keluarga muda ataupun keluarga kecil. Namun saat ini para milenial berhasil menggeser trend pilihan mobil. Para anak muda ‘Zaman Now’ lebih memilih mobil kecil sebagai mobil idamannya. Mulai dari hatchback hingga sedan, mobil kecil kembali menjadi trend dan membuka peluang pasar baru. Pasar ini umumnya melihat dari segi value for moneynya, melalui bentuk kendaraannya yang kecil, gerakannya yang lincah dan kenyamanannya untuk digunakan di area perkotaan besar sekalipun dengan lalu lintas yang padat. Hal ini pula yang memicu munculnya paham ‘less is more’ dalam memilih mobil, dimana bentuk mobil menjadi semakin compact namun menawarkan value lebih.

 

Gencarnya trend mobil kecil di kalangan milenial yang meningkat ini berdampak terhadap naiknya penjualan mobil hatchback dan sedan sejak tahun 2018. Jika dilihat dari sejarahnya mobil kecil tipe hatchback dan sedan sempat tenar beberapa kali mulai dari era 80 an yang kemudian berkurang di tahun 90 an. Trend ini baru kembali di tahun 2004 setelah beberapa produsen mobil asal Jepang serentak mengeluarkan tipe mobil hatchback lagi seperti Honda jazz, dan toyota yaris. Penjualan mobil kecil kembali melonjak di tahun 2012 dan sempat anjlok di tahun 2013-2016, namun saat ini mobil kecil kembali menjadi trend yang diincar oleh para kaum milenial. Dengan trend yang diprediksi akan mengalami peningkatan yang konstan, peningkatan ini didukung dengan hadirnya mobil-mobil kecil berbadan compact dengan biaya terjangkau.

 

Jika ditelaah secara detail jenis mobil kecil yang menjadi pilihan milenial bukan hanya terletak pada hatchback dan sedan namun juga pada Low MPV terutama dengan hadirnya tipe LCGC. Tentu saja bagi milenial tipe mobil seperti ini cukup tak lekang oleh waktu dan memiliki body yang cenderung mudah untuk dimodifikasi. Berdasarkan Indonesia Millennials Top Brand Award 2019 untuk kategori mobil (choice car), 3 mobil yang berhasil meraih sukses seluruhnya berasal dari brand toyota.

 

  • Toyota Avanza

Toyota Avanza berhasil mendapatkan peringkat tertinggi dalam penilaian top brand award kategori mobil. Masuk kedalam small MPV avanza sudah menjadi salah satu mobil idola di Indonesia. Sebagai idola, penjualan Avanza selalu menjadi andalan Toyota sebagai salah satu penyumbang terbesar. Dilengkapi dengan keamanan yang lengkap dan mesin yang hemat bensin, Avanza dirancang dengan spesifikasi terdepan yang telah teruji di kelasnya.     

  • Toyota Calya

Masuk ke dalam segmen entry small MPV, mobil ini menjadi salah satu alternatif bagi pencari low MPV yang mampu menampung cukup banyak muatan dengan harga terjangkau. Dikembangkan dengan konsep ramah lingkungan, mobil ini termasuk dalam salah satu jajaran mobil yang mendapat respon positif semenjak pertama launch. Toyota Calya juga sudah dilengkapi dengan berbagai macam fungsi keamanan yang mumpuni serta tergolong hemat bensin.  

  • Toyota Agya

Masuk dalam segmen entry hatchback, Toyota Agya telah mendapat respon yang positif dari masyarakat terutama para milenial sejak pertama launch di tahun 2013. Terlahir sebagai pengembangan kendaraan dengan harga terjangkau dan ramah lingkungan, mobil ini telah dilengkapi dengan fitur keamanan yang mumpuni dan terbilang hemat bahan bakar. Penjualan mobil agya dan calya jika dijumlahkan keduanya berhasil memberi kontribusi hingga 26,4% bagi total penjualan Toyota.   

Sumber: otomotif, detik, suara

Oleh: Tara

Img: Ist

Berita Terbaru

  • 3 Jenis Mobil Yang Bikin Mudik Lebih Hemat
    • 16 Apr 2019
  • Mobil Kecil Jadi Trend Buat yang Muda
    • 09 Apr 2019
  • 4 Modifikasi Mobil Unik di Indonesia – Dari Batman Hingga Fast Furious
    • 01 Apr 2019
  • Deretan Mobil Mewah Pilihan Miliuner Muda
    • 31 Mar 2019
  • 4 Tips Mengatasi Phobia Mengemudi Mobil
    • 30 Mar 2019