Intip Mobil Klasik Tuksedo Studio yang Mejeng di IIMS 2022

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 4 April 2022

Intip Mobil Klasik Tuksedo Studio yang Mejeng di IIMS 2022

momobil.id – Pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 resmi digelar pada Kamis (31/03). Pameran yang digelar selama 11 hari tersebut diikuti oleh berbagai pabrikan mobil, motor, hingga aksesoris aftermarket. Salah satu hal yang menarik di IIMS 2022 adalah kehadiran dari kumpulan mobil klasik Tuksedo Studio.

Tuksedo Studio merupakan salah satu bengkel modifikasi yang berdiri sejak tahun 2020 di Ketewel, Kabupaten Gianyar, Bali. Pemilik Tuksedo Studio, Laksamana Gusti Handoko mengatakan bahwa asal mula membuat studio tersebut berawal dari keinginannya untuk memiliki mobil klasik yang langka. Tuksedo Studio sendiri memproduksi mobil klasik langka dengan cara re-create, atau membuat ulang mobil tersebut. Proses pembuatan mobil di Tuksedo Studio membutuhkan waktu kurang lebih 1 tahun dengan proses yang cukup panjang.

Teknik Pembuatan Mobil Klasik

Tahap Pembuatan Mobil Klasik Tuksedo Studio

Proses pembuatan mobil di Tuksedo Studio merupakan proses yang cukup panjang. Hal utama yang dilakukan oleh pihak Tuksedo Studio adalah dengan menemukan blueprint terlebih dahulu, yang kemudian diproyeksikan ke tiga dimensi menggunakan software. Menurut Gusti, blueprint mobil klasik ia dapatkan dengan cara membeli atau mencari lewat komunitas builder.

“Hal yang utama kita harus menemukan blueprint-nya dulu. Itu kan dua dimensi, kita harus proyeksikan ke tiga dimensi menggunakan software. Baru setelah itu kita buat dengan kayu setelah itu jadi baru kita buat wire frame,” ujar Gusti dilasir dari Kompas.com.

Baca Juga: Tertarik Boyong Mobil BMW Klasik? Pertimbangkan Poin-poin Berikut

Untuk basis dari mobil klasik yang dibuat, Tuksedo Studio menggunakan mobil donor yang masih memiliki populasi cukup banyak di Indonesia. Contohnya seperti mobil klasik Porsche 356 yang dibuat. Pihaknya menggunakan VW Beetle sebagai mobil donor. Mobil donor yang dipakai oleh Tuksedo Studio harus sama dengan merek mobil yang akan dibuat.

“Kenapa Porsche 356 pakai mesin VW Beetle? Karena VW Beetle adalah mobil yang dijadikan bahan dasar 356 yang asli. Pembuatnya pun sama Ferdinand Porsche. Pada intinya semua mobil donor yang kita pakai harus dari merek yang sama, seperti Mercy ya harus Mercy, Toyota juga harus Toyota, berlaku juga untuk yang lainnya,” ujar Gusti.

Tuksedo Studio biasanya membuat 5 unit untuk setiap tipe sesuai dengan spek original mulai dari warna, mesin, hingga bodi. Pengerjaan bodi, sasis, dan interior akan dikerjakan di Tuksedo Studio, sementara untuk aksesoris akan menggunakan part original dari luar negeri.

Mobil Klasik dan IIMS 2022

Porsche 356 – Mobil Klasik Tuksedo Studio

Pada ajang IIMS 2022, Tuksedo Studio menyediakan beberapa model mobil klasik yang dipamerkan. Mobil tersebut antara lain adalah Porsche 356 tipe Spyder, Speedster, dan Coupe. Lalu ada juga mobil ikonik berstatus langka seperti Mercedes Benz 300SL Gullwing dan Toyota 2000 GT. Model tersebut tentunya dapat dipesan oleh konsumen.

Untuk saat ini, pihak Tuksedo Studio mematok target launcing 8 mobil pada tahun 2022. Soal harga, Tuksedo Studio membanderol mobil buatannya di rentang harga Rp1,7 miliar sampai dengan Rp5 miliar. Gusti berharap bahwa proses legalisasi perizinan mobil modifikasi aturannya semakin jelas dan segera disahkan. Menurutnya, potensi industri kreatif di bidang industri otomotif sangat besar.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas