Apa Benar Mobil Lebih Boros Bahan Bakar Jika Menggunakan Premium?

Ditulis oleh : Syah Rezi Tungga Dewi

22 Aug 2019

momobil.id - Mampu membeli mobil seharga ratusan juta rupiah, seharusnya pemilik mobil juga mampu membeli bahan bakar minyak (BBM) berkualitas yang memiliki oktan tinggi seperti Pertamax, Pertamax Plus, atau Shell Super. Nilai oktan atau RON pada bahan bakar seperti itu mulai dari RON 92 hingga RON 95, angka yang cukup ideal untuk dikonsumsi oleh mobil-mobil zaman now yang memiliki perbandingan kompresi tinggi seperti 10:1 atau 11:1. Sayangnya tak semua pemilik mobil menggunakan bahan bakar sesuai yang dibutuhkan mobil tersebut sehingga mengakibatkan mobil boros BBM.

Beberapa pemilik mobil masih ada yang menggunakan bahan bakar beroktan rendah, seperti Premium 88 atau Pertalite 90. Baik Premium maupun Pertalite, memang harganya lebih murah dibanding Pertamax. Namun memaksakan kendaraan berkompresi tinggi mengonsumsi bahan bakar beroktan rendah akan membuat mobil tersebut lebih boros BBM

Menurut Suprana selaku Kepala Bengkel Auto2000 di Jakarta Selatan, mobil berkompresi tinggi tentu membutuhkan bahan bakar beroktan tinggi. Jika diisi bahan bakar beroktan rendah, maka proses pembakarannya akan menjadi tidak sempurna.

"Jika menggunakan bahan bakar beroktan rendah, proses pembakaran akan lebih cepat dan mesin akan mengalami detonasi atau istilahnya mesin ngelitik. Jika ini terjadi, maka tenaga akan berkurang dan pengemudi harus menginjak pedal gas lebih dalam. Melihat dari berbagai kasus, mobil terbaru akan lebih boros jika menggunakan BBM beroktan rendah," kata Suprana.

Namun jika mobil menggunakan bahan bakar beroktan tinggi atau telah direkomendasikan oleh pabrikan, proses pembakarannya akan sempurna sehingga bahan bakar yang dikeluarkan tidak terbuang sia-sia.

"Bahan bakar beroktan tinggi tidak mudah terbakar seperti yang beroktan rendah, jadi semua proses pembakaran sempurna. Namun ini hanya berlaku untuk mobil-mobil keluaran sekarang karena kompresinya sudah tinggi," jelasnya.

Sedangkan untuk mobil yang lebih tua atau yang kompresinya kurang dari 10: 1, tidak harus menggunakan bahan bakar beroktan tinggi karena kompresi rendah tidak memerlukan bahan bakar oktan tinggi. Artinya, jika mobil tua menggunakan bahan bakar beroktan tinggi, belum tentu konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih irit.

Sedangkan Ahmad Safrudin selaku Direktur Eksekutif Komite Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB) juga mengatakan demikian. Menurutnya, kendaraan dengan kompresi 10: 1 hingga 12: 1 membutuhkan bahan bakar beroktan tinggi. "BBM yang tidak sesuai akan membuat mobil mengalami penurunan tenaga, dan itu yang membuat mobil menjadi boros," kata Ahmad.

Sumber gambar: Videoblocks

  • Featured Article
  • bbm
  • bahan bakar
  • mobil boros
  • premium
  • boros bbm

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

JAKARTA BARAT

2013
Manual

92 juta

JAKARTA BARAT

2014
Otomatis

178 juta

JAKARTA BARAT

2015
Manual

178 juta

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More