Mobil Listrik EL 1 Camaro Gunakan Transmisi Otomatis Tapi Bisa Buat Nge-Drift, Gimana Caranya?

Ditulis oleh : Helen Birgitta

20 September 2019

Mobil Listrik EL 1 Camaro Gunakan Transmisi Otomatis Tapi Bisa Buat Nge-Drift, Gimana Caranya?

momobil.id – Bagi orang penggemar otomotif, istilah nge-drift tentu tidak asing terdengar di telinga. Mobil yang biasa dipakai untuk nge-drift hingga saat ini adalah mobil-mobil konvensional berbahan bakar minyak. Namun saat ini, sudah ada mobil bertenaga listrik yang juga bisa diajak seru-seruan untuk melakukan drifting. Sensasi melakukan drifting menggunakan mobil listrik tentu akan berbeda, karena tidak ada bunyi knalpot yang terdengar dan hanya bunyi ban saja.

Sumber Gambar : Carscoops

Salah satu mobil listrik yang bisa diajak nge-drift yakni Camaro EL 1, karya Napoleon Motorsports. Mobil listrik ini mengikuti ajang Formula Drift Championship 2019, dan menjadi satu-satunya mobil drift listrik di ajang balap. EL 1 Camaro akan di uji coba oleh drifter professional, Travis Reeder.

Untuk menghadirkan Camaro EL 1, Napoleon Motorsports menggunakan unit Camaro standar. Setelahnya, Camaro standar ini dicopot mesin dan transmisi bawaannya, dan diganti dengan powertrain listrik yang dilengkapi baterai 38,4 KWh bertransmisi otomatis.

Carscoops melaporkan bahwa mesin listrik ini sudah lebih dari cukup untuk memutar roda belakang dengan daya yang dihasilkan hingga 515 hp dan torsi 1.084 Nm.

Sumber Gambar : Carscoops

Lalu bagaimana cara EL1 Camaro bertransmisi otomatis ini melakukan drifting? Pasalnya, teknik drifting biasa dilakukan dengan memainkan kopling dan rem tangan. Hal ini sudah dipikirkan oleh Napoleon Motorsport. Mereka mengatakan, mobil ini sudah bisa nge-drift dengan menggabungkan rem tangan dan torsi besar dari powertrain listrik.

Seperti yang telah disebutkan di atas, EL 1 Camaro hanya akan mengeluarkan suara ban belakang saat melakukan drifting karena mesin listrik memang tidak menghasilkan suara seperti mobil biasanya. Suka atau tidak, mungkin bagi sebagian orang suara yang dihasilkan mobil saat drifting merupakan hal yang memberikan sensasi tersendiri. Namun mobil listrik ini adalah suatu gambaran bahwa mobil untuk drift juga bisa memanfaatkan mesin bertenaga listrik.

Sumber gambar: carscoops

berita terkait lainnya

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... Read More

Kembali ke atas