Mobil Listrik Harus Pakai Ban Khusus, Ketahui Alasannya!

Ditulis oleh : admin | 11 March 2022

Mobil Listrik Harus Pakai Ban Khusus, Ketahui Alasannya!

momobil.id – Dewasa ini, mobil listrik sedang tren di tengah masyarakat. Tidak sedikit masyarakat memiliki mobil listrik saat ini. Namun, perbedaan mobil listrik bukan hanya sekedar mesin yang digunakan. Penggunaan ban dan kaki-kaki mobil listrik juga berbeda. Mobil listrik memerlukan ban khusus yang memiliki kemampuan berbeda dibanding mobil konvensional.

Menurut Yoonsoo Shin selaku President Director PT Hankook Tire Sales Indonesia, ban mobil listrik harus mempertahankan performa beremisi rendah tanpa membatasi fleksibilitas berkendara. Hambatan gulir yang lebih rendah tentunya dapat membuat konsumsi baterai mobil lebih rendah. Disamping harus memiliki hambatan gulir yang rendah, ban khusus mobil listrik harus memiliki daya cengkram yang kuat.

“Ban untuk mobil listrik harus punya hambatan gulir (rolling resistance) yang rendah sehingga melaju lebih halus, namun di saat yang sama harus tetap punya daya cengkram optimal. Ini dua hal yang berlawanan, namun harus dicari titik tengahnya. Perpaduan material dan desain ban yang tepat akan sangat berpengaruh dalam mengakomodir objektif tersebut,” ujar Shin dilansir dari detikOto.

Baca Juga: Ini Daftar Mobil Listrik Terlaris di Indonesia Tahun 2021

Mobil listrik umumnya lebih berat 10-20% jika dibandingkan dengan mobil konvensional. Hal ini dikarenakan mobil listrik menyimpan mesin berbasis baterai. Dengan bobot yang lebih berat, mobil listrik menghasilkan torsi yang lebih boros, terlebih ketika mobil baru saja dinyalakan. Oleh karena itu, mobil listrik membutuhkan ban dengan akselerasi sporty, dan pegangan tapak yang tinggi agar terhindari dari potensi abrasi.

Selain ban yang memiliki ketahanan panas yang baik dan pegangan tapak yang tinggi, ban juga harus menjaga kondisi kabin agar tetap senyap. Hal ini sesuai dengan kualitas mobil listrik, karena mayoritas mobil listrik memiliki kebisingan yang rendah karena tidak ada suara yang dihasilkan dari mesin. Oleh karena itu, pemilihan ban harus sesuai dan tergantung dari desain tapak, pengaturan blok, pitch, dan optimalisasi grip. Ban yang cocok dengan mobil listrik adalah dengan pola alur lateral yang mampu mengurangi bising.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas