Mobil Listrik Honda e Berencana Segera Mengaspal Oktober 2020

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 2 September 2020

Mobil Listrik Honda e Berencana Segera Mengaspal Oktober 2020

momobil.id – Tak lama lagi Honda dikabarkan bersiap meluncurkan mobil listrik pertamanya bernama Honda e. Produksi massal Honda e rencananya akan mulai dijual pada 30 Oktober 2020.

Seperti dilansir Liputan6.com yang mengutip Asia Nikkei, mobil listrik Honda e akan dijual dengan banderol sekitar 4,5 juta yen. Jenama Negeri Matahari Terbit ini bertujuan menjual mobil kompak, yang dilengkapi kamera bukan spion, terutama untuk konsumen perkotaan.

Honda e dapat menempuh jarak 300 km dengan sekali pengisian daya. Jarak ini, lebih pendek dibanding dengan pesaingnya, karena pabrikan mengutamakan bentuk kompaknya dengan mengurangi dimensi dan kapasitas baterai.

Mobil listrik kompak Honda ini, juga dilengkapi dengan sistem parkir baru yang dirancang untuk digunakan di ruang sempit.

“Ukurannya yang kecil, adalah daya tarik yang besar,” ujar Tomofumi Ichinose selaku Chief Engineer Senior Honda. Berbicara harganya sendiri, harga domestik Honda e lebih rendah dari para pesaingnya, seperti Nissan Ariya dan Tesla Model 3.

Mobil tersebut akan dipasarkan sebagai kendaraan ramah lingkungan, termasuk di Eropa yang sudah mulai menjual Honda e pada musim panas ini. Di Jepang, Honda berencana menjual 1.000 unit pada tahun pertama, dengan target penjualan gabungan domestik dan Eropa 10.000 unit.

Adapun prototipe Honda e sebenarnya sudah sempat dipamerkan di Frankfurt Motor Show 2017 dengan sebutan konsep Urban EV. Pada acara yang sama tahun 2019, Honda kembali memamerkan mobil ini dengan sebutan Honda e.

Salah satu fitur menarik yang disematkan pada Honda e yang dipamerkan pada Frankfurt Motor Show 2019 adalah kehadiran lima buah layar dengan fungsi yang berbeda-beda di sepanjang dashboard.

Baca juga: Cara Menangani Mobil Mogok Akibat Terendam Banjir

Pada bagian tengah dasboard terdapat dua layar LCD touchscreen 12,3 inch dan satu buah layar 8,8 inch di depan kemudi yang memuat informasi seputar mobil, membantu navigasi dengan GPS, telepon, dan untuk kebutuhan hiburan.

Bahkan, Honda membekalinya dengan fitur personal assistant berteknologi artificial intelligence (AI) yang dapat membantu pengemudi mengoperasikan layar tersebut tanpa menyentuh dan cukup mengucapkan “OK Honda”.

Berikutnya, dua layar lainnya di pojok kiri dan kanan dashboard dapat menampilkan kondisi sekitar mobil. Layar ini memang terhubung dengan kamera yang diletakkan di kiri dan kanan bodi mobil dan sekaligus menggantikan keberadaan spion.



Kembali ke atas