Mobil Listrik Lingbox Box Mini EV Hadir, Siap Tantang Air EV

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 3 January 2023

Mobil Listrik Lingbox Box Mini EV Hadir, Siap Tantang Air EV

momobil.id – Persaingan mobil listrik mungil Tanah Air nampaknya akan semakin ketat. EP Manufacturing Berhad (EPMB), pabrikan spare part, telah mendapatkan hak untuk mendistribusikan mobil listrik Lingbox. Pabrikan tersebut berhak menjual mobil dengan merek sendiri untuk pasar mobil listrik di Malaysia dan Indonesia.

Lewat anak perusahaan EP 4Wheeler, EPMB menandatangani perjanjian dengan Hubei Dongfeng Power Trade dan Xiamen Tsingyan Hylong Motor Technology untuk penjualan dan perikatan mobil listrik Lingbox versi setor kanan. EPMB berhak menjual produknya dengan nama Lingbox atau Qingyan Hailong. Perjanjian ini efektif berlaku selama 5 tahun, mulai 1 Januari 2023 hingga 31 Desember 2027.

Lingbox sendiri adalah bagian dari merek Lingbao yang dimiliki oleh Jiangsu Jemmel New Energy Vehicle Company. Mobil yang akan dipasarkan terlebih dahulu oleh EPMB adalah Lingbox Box Mini EV atau yang dikenal dengan Lingbox Box Cai Wenji untuk pasar China.

Eksterior Lingbox Box Mini EV

Tampilan eksterior dari Lingbox Box Mini EV tampak mirip dengan kei car Daihatsu yang dijual di Jepang, yaitu Daihatsu Cast. Kesamaan dari kedua mobil ini terdapat pada desain yang mengotak dengan lampu depan dan belakang yang membulat, letak garis fender roda, hingga bentuk atap yang serupa. Perbedaan hanya terlihat pada bumper depan, desain velg yang lebih sederhana, serta grill depan yang ditutup panel.

Lingbox Box Mini EV memiliki dimensi yang ringkas. Mobil listrik ini memiliki panjang 3.584 mm, lebar 1.475 mm, tinggi 1.666 mm, dan jarak sumbu roda 2.455 mm.

Baca Juga: Geometry Panda Mini EV, Mobil Listrik Imut Rp80 Jutaan

Interior

Masuk ke dalam interior, penumpang disapa dengan interior yang imut dan penuh warna. Meskipun memiliki banyak kesamaan dengan Daihatsu Cast, Lingbox Box Mini EV memiliki tampilan interior yang sedikit berbeda. Terdapat tiga campuran warna yang bisa dipilih tergantung varian. Salah satu kombinasi warna interior yang hadir adalah putih, ungu, dan hijau.

Pada bagian dashboard, tersedia layar instrumen 7 inci, panel AC analog, dan layar head unit berukuran 10,1 inci. Selain itu, jok pada mobil dibalut dengan kombinasi warna yang menarik. Sayangnya, airbag hanya tersedia pada bagian sisi penumpang.

Spesifikasi Dapur Pacu dan Harga

Beralih ke bagian performa, Lingbox Box Mini EV dibenamkan motor listrik dengan daya 48 hp dan torsi 125 Nm. Motor listrik ditenagai oleh baterai lithium-iron phosphate (LFP) berkapasitas 19,2 kWh. Tenaga disalurkan ke roda depan.

Lingbox mampu melaju hingga kecepatan maksimal 101 km/jam dengan jangkauan jarak hingga 220 km dalam sekali pengecasan. Pengisian daya baterai menggunakan fast charging dari 20% hingga 80% membutuhkan waktu 1,2 jam.

Di China, Lingbox Box Mini EV dijual dengan harga 56.800 yuan atau setara dengan Rp127 juta. Sementara di pasar Malaysia, kabarnya mobil listrik mungil ini akan dijual di bawah RM100.000 atau Rp353 juta. Jika mobil listrik ini hadir di Indonesia, Lingbox Box Mini EV akan bersaing langsung dengan Wuling Air EV dan DFSK Mini EV.

mobil terkait

Rp 127.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 138.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 360.000.000

Individu

HULU SUNGAI SELATAN

Rp 85.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 280.000.000

Individu

HULU SUNGAI SELATAN

Rp 135.000.000

Individu

SEMARANG


Kembali ke atas