Mobil Listrik Tesla Jadi ‘Senjata’ Polisi Swiss

Ditulis oleh : admin | 11 July 2018

Mobil Listrik Tesla Jadi ‘Senjata’ Polisi Swiss

Mobil Tesla | Mobil Listrik Tesla

momobil.id – Mobil listrik Tesla semakin dilirik warga termasuk institusi kepolisian di dunia. Setelah Dubai dan wilayah negara lain, kini polisi di Basel, Swiss, juga mulai menggunakan kendaraan berbasis tenaga listrik dalam armada patrolinya.

Berbeda dari Dubai, yang sebelumnya memilih BMW i8 sebagai kendaraan tugas, Swiss memilih SUV Tesla Model X untuk mengantikan seluruh mobil diesel lama mereka. Model yang mereka pilih adalah mobil listrik Tesla 100D, alias varian tertinggi.

Mobil listrik Tesla tujuh penumpang dengan model pintu bersayap ini diklaim memiliki performa dan jangkauan paling baik. Dalam kondisi baterai penuh, SUV Tesla Model X mampu menempuh hingga 475 kilometer. Ia sudah dibekali motor listrik yang dilengkapi dengan paket baterai lithium-ion 100 kWh.

Kemampuannya pun tergolong mumpuni. Tenaga maksimalnya mencapai 259 tenaga kuda (dk) pada 6.100 rpm dengan torsi 329 Nm. Ia bisa melesat dari 0-100 km/jam dalam waktu 4,7 detik. Mobil berbodi tangguh ini juga sudah didukung dengan sistem all-wheel-drive.

Pemilihan kendaraan bertenaga listrik memang kian menjadi tren di institusi kepolisian sejumlah negara. Konsepnya yang ramah lingkungan dianggap sejalan dengan nilai-nilai para penegak hukum tersebut.

Polisi Dubai mungkin bisa disebut sebagai salah satu pioner penggunaan mobil listrik. Meski, dengan catatan, mobil yang mereka gunakan, yakni BMW i8 belum sepenuhnya mengandalkan listrik alias masih dikombinasikan dengan mesin konvensional (bahan bakar). Sementara mobil listrik Tesla sudah sepenuhnya berbasis motor listrik.

Oh ya, mobil listrik Tesla juga dilaporkan sudah digunakan Kepolisian Ontario di Kanada, Los Angeles, Denver, dan Luksemburg. Mereka lebih dahulu menungganginya saat patroli, namun sebagian besar menggunakan sedan model S.

Oleh : Putra. P

Foto : Istimewa

mobil terkait

Rp 122.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 205.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 137.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 115.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 92.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 127.000.000

Individu

SEMARANG


Kembali ke atas