Mobil Matic Boros? Ini Tips Hemat Bahan Bakar Mobil Matic

Ditulis oleh : admin | 8 January 2017

Mobil Matic Boros? Ini Tips Hemat Bahan Bakar Mobil Matic

Memiliki mobil matic memang menyenangkan bila digunakan pada jam-jam sibuk kota besar yang dikenal dengan kemacetannya. Tanpa harus mengganti gigi dan hanya cukup menekan gas serta rem membuat mobil matic cukup praktis. Namun, mobil matic juga memiliki kekurangannya sendiri selain perawatan yang cukup merogoh kocek agak dalam, penggunaan bahan bakar juga sering menjadi keluhan bagi para pengguna mobil matic. Nah, kira-kira apa saja ya yang dapat membuat mobil matic Anda lebih irit dalam penggunaan bahan bakar? Yuk simak artikel tips hemat bahan bakar mobil matic berikut ini :

Tekan Pedal Gas

Tips hemat bahan bakar mobil matic
Source: otoblitzclassic.com

Walau terbaca seperti hal sepele, tapi apabila Anda mengganti kebiasaan menekan pedal gas dengan sembarangan menjadi secara perlahan akan membuat pembakaran bahan bakar menjadi lebih sedikit. Dan saat pertama kali menjalankan mobil, Anda tidak perlu menekan pedal gas dengan kuat dan dalam-dalam karena hal tersebut dapat membuat penggunaan bensin menjadi boros.

Perhatikan RPM Mobil Anda

Source: blogspot.com

RPM memiliki kepanjangan Rotasi Per Menit yang merupakan ukuran seberapa banyak putaran crank shaft dari sebuah mobil dalam satu menit. Hal ini menjadi penting karena besarnya daya RPM yang digunakan akan berdampak terhadap penggunaan bahan bakar. Semakin RPM meningkat maka semakin besar pula kinerja mesin mobil yang membuat penggunaan bahan bakar yang lebih banyak.

Jaga Kecepatan Mobil Anda

Source: autobild.co.id

Kecepatan yang stabil akan membantu mobil Anda menggunakan bahan bakar secara optimal. Namun, bila Anda terus memacu kecepatan mobil Anda maka bahan bakar akan semakin banyak digunakan. Untuk itu bijaklah dalam berkendara agar baik Anda dan pengguna jalan sama-sama terjaga keselamatannya dengan mengetahui tips hemat bahan bakar mobil matic.

Hindari Rem Mendadak

Source: tstatic.net

Sebetulnya yang menjadi masalah dalam poin ini adalah semakin sering Anda melakukan rem mendadak maka semakin sering pula Anda menginjak pedal gas mobil Anda. Hal ini membuat mobil Anda menggunakan bahan bakar yang lebih agar dapat kembali berakselerasi.

Jangan Lupa Mengganti Gigi D ke Netral Saat Berhenti

Source: rmjmarket.com

Sering kali para pengguna mobil matic lupa untuk mengganti gigi D ke N saat lampu merah atau berhenti di tengah kemacetan. Tanpa disadari hal tersebut akan mengonsumsi bensi mobil secara perlahan, walau tidak banyak tapi kita sering melakukan hal ini maka bahan bakar pun akan berkurang lumayan banyak bila ditotal. Untuk itu apabila Anda sedang berhenti ada baiknya untuk mengganti gigi menjadi gigi Netral agar bisa lebih hemat dalam penggunaan bahan bakar.

Bijak Dalam Penggunaan AC

Source: shopanddrive.com

AC memang akan membantu menurunkan suhu di dalam mobil, tapi kita juga perlu bijak dalam penggunaan ac ini. Agar bisa beroperasi secara normal, kompresor AC mobil membutuhkan daya yang cukup besar untuk bisa memulai proses pendinginan suhu dalam mobil. Hal inilah yang membuat penggunaan bahan bakar bisa menjadi lebih boros, karena semakin besar tingkat kedinginan yang diinginkan semakin besar pula penggunaan bahan bakar mobil tersebut. Bijaklah dalam penggunaan AC agar penggunaan bahan bakar mobil dapat dihemat.

Itulah tips hemat bahan bakar mobil matic. Jika kendaraan Anda adalah mobil matic, maka tidak perlu khawatir lagi untuk menggunakannya setiap hari karena Anda sudah dapat kunci agar konsumsi bahan bakar mobil matic ini bisa lebih hemat. Jika Anda berencana kredit mobil keluarga yang biasanya terdapat banyak transmisi matic, jangan ragu untuk mendapatkannya sebab pemakaiannya bisa optimal sesuai dengan bahan bakar yang Anda isi.

mobil terkait

Rp 109.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 125.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 206.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 188.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 120.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 190.000.000

Individu

BANDUNG


Kembali ke atas