Mobil Menerobos Kabut Asap Karhutla, Apa Dampaknya Bagi Sirkulasi AC?

Ditulis oleh : Farah Diba Agustine

20 Sep 2019

momobil.id - Kabut asap bawaan dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di provinsi Riau dan sekitarnya kian mengkhawatirkan karena telah menyelimuti selama berhari-hari. Seperti dilansir Kompas, semakin tebalnya kabut asap menyebabkan kualitas udara di sana dinyatakan berbahaya hingga seluruh penduduk diwajibkan untuk menggunakan masker ketika beraktivitas di luar ruangan.

Selain mempengaruhi sistem pernafasan manusia, kabut asap karhutla juga dapat  mempengaruhi sirkulasi udara di dalam mobil. "Kabut asap efeknya akan langsung berpengaruh pada sirkulasi AC, karena filter AC dapat menyedot asap lewat lubang ventilasi dan blower," ujar Kepala Bengkel Honda Jakarta Center, Denny Sulistyo.

Akibatnya, bau asap akan tercium juga di dalam kabin. Apalagi jika ventilasi udara sedang dibuka. Kabin mobil bisa langsung diselimuti oleh polusi asap. Guna menanggulangi masalah tersebut, Denny menyarankan untuk memeriksa filter AC. Mengganti filter AC disarankan setiap dua puluh ribu kilometer, tetapi jika sudah kotor sebelum waktunya, filter harus segera diganti. Seperti kondisi pekatnya kabut asap yang terjadi saat ini, mendorong pemilik mobil untuk lebih rutin lagi memeriksa filter AC.

Denny menambahkan bahwa ada cara khusus untuk memeriksa filter AC yang sudah dimasuki polusi asap, yaitu dengan menyalakan AC mobil pada pagi hari setelah diistirahatkan semalaman. "Jika sudah dimasuki polusi atau kotor, biasanya akan tercium bau asap saat AC dinyalakan. Tandanya, filter AC memang sudah tercemar polusi asap," jelasnya.

Denny pun menyarankan agar tetap menutup ventilasi udara atau meminimalisirnya untuk dibuka jika sedang berkendara dalam kondisi kabut asap. Tak hanya pada kawasan yang terdampak asap karhutla, hal ini juga berlaku pada kawasan perkotaan yang disesaki kendaraan seperti Jakarta.



Sumber gambar: Antara/Beritagar

  • News
  • filter ac
  • kabut asap
  • kebakaran hutan
  • kebakaran lahan
  • karhutla

Cari Mobil

Baru
Bekas
2009
2019

Actions

Mobil yang disarankan

PALEMBANG

2014
Manual

120 juta

JAKARTA BARAT

2016
Manual

240 juta

JAKARTA BARAT

2015
Otomatis

245 juta

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.
Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!
Read More