Huayra Tricolore, Mobil Pagani Edisi Spesial Angkatan Udara

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 29 August 2022

Huayra Tricolore, Mobil Pagani Edisi Spesial Angkatan Udara

momobil.id – Pagani Huayra Tricolore merupakan salah satu mobil Pagani terkuat yang pernah diproduksi. Hypercar asal Italia ini hanya diproduksi secara terbatas, yaitu 3 unit saja di seluruh dunia. Huayra Tricolore sendiri merupakan sebuah edisi tribute untuk Angkatan Udara Italia yang diluncurkan pada tahun 2020 lalu. Lantas, bagaimana dengan spesifikasinya?

Beberapa tahun yang lalu, Pagani sempat meluncurkan varian Tricolore yang berbasis Zonda Cinque. Mobil ini diluncurkan untuk memperingati Frecce Tricolori, tim demonstrasi aerobatik Angkatan Udara Italia. Pagani Huayra Tricolore diluncurkan untuk memperingati 60 tahun tim aerobatik nasional tersebut.

Tampilan Huayra Tricolore Terinspirasi Pesawat Jet

Huayra Tricolore mengambil basis dari Huayra Roadster. Dari sisi penampilan, hypercar buatan Pagani tersebut terinspirasi dari pesawat jet andalan Frecce Tricolori, yaitu Aermacchi MB-339A P.A.N. Penggunaan warna biru dengan stripping tricolore hijau, putih, dan merah disematkan pada Huayra Roadster.

Tidak hanya sebatas warna, eksterior pada Huayra Tricolore juga sedikit berbeda dibandingkan versi standar. Splitter pada bagian depan berukuran lebih besar dan terintegrasi dengan bumper depan baru. Bagian samping dari Huayra Tricolore dilengkapi dengan ekstraktor yang berfungsi untuk mengoptimalkan aliran udara ke intercooler. Selain itu, terdapat velg baru yang didesain aerodinamis layaknya turbin.

Bagian airscoop pada Huayra Tricolore juga dikembangkan agar memberikan aliran udara yang baik ke bagian mesin. Pada bagian belakang, diffuser juga turut diubah untuk memaksimalkan udara yang masuk ke bagian bawah mobil.

Berlanjut ke bagian interior, edisi khusus dari Huayra mengadopsi berbagai material alloy dengan kualitas aerospace. Jok dari mobil ini menggunakan warna putih dan biru, serta aksen tricolore. Logo Frecce Tricolore juga disematkan pada sabuk pengaman.

Baca Juga: 12 Mobil Termahal Di Dunia, Capai 100 Triliun?

Fitur Unik dan Performa

Selain tampilan yang menyerupai pesawat, Huayra Tricolore juga dilengkapi dengan berbagai fitur unik. Terdapat fitur Pilot Tube pada kap depan yang berfungsi sebagai alat pengukur kecepatan udara yang umumnya digunakan oleh pesawat terbang. Sementara untuk bagian chassis, mobil ini dibangun dengan basis konstruksi Carbo-Titanium dan Carbo-Triax. Berkat sasis baru, Huayra Tricolore diklaim memiliki peningkatan pada segi rigiditas.

Dari segi spesifikasi, Pagani menyematkan mesin V12 6.0 liter bi-turbo yang digunakan oleh Huayra versi terbaru. Mesin yang dibuat oleh Mercedes-AMG ini mampu mengeluarkan tenaga 828 hp dan torsi 1.100 Nm. Tenaga disalurkan ke roda belakang lewat transmisi sekuensial 7-speed dengan electromechanical differential.

Mobil ini diproduksi secara terbatas, hanya 3 unit saja dengan harga 5,5 juta Euro, atau sekitar Rp95,1 miliar.

mobil terkait

Rp 205.000.000

Individu

SURABAYA

Rp 343.700.000

Individu

JAKARTA

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA

Rp 331.100.000

Individu

Rp 337.700.000

Individu

Rp 285.000.000

Individu

SEMARANG


Kembali ke atas