Mobil Pilihan Keluarga, MPV Murah Atau SUV Bekas?

Mobil Pilihan Keluarga | MPV Murah

 

momobil.id - Dengan munculnya beragam jenis mobil untuk keluarga seperti multi purpose vehicle (MPV), hingga sport utility vehicle (SUV), memang memerlukan kecermatan lebih dalam memilih mobil idola keluarga. Meski MPV identik sebagai mobil pilihan keluarga, tetapi belakangan tak sedikit mobil SUV yang tetap nyaman digunakan tamasya bersama-sama keluarga. Nah, sebelum memilih mobil untuk keluarga kecil Anda, baik hunting di situs jual beli mobil bekas atau showroom, ada beberapa hal yang harus diketahui.

 

Efisiensi bahan bakar mobil harus dijadikan pertimbangan utama karena Anda sudah berkeluarga. Pada mobil SUV biasanya dilengkapi dengan mesin-mesin yang berkapasitas besar karena tenaga mobil harus kuat agar bisa melewati segala medan, bahkan medan off-road, sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

 

Berbeda dengan jenis mobil MPV yang memang ditujukan sebagai mobil pilihan keluarga, kebanyakan sudah dilengkapi dengan sistem pengelolaan bahan bakar yang membuat konsumsi BBM menjadi lebih irit. Tapi kalau MPV, jangan coba-coba untuk melewati medan yang berat, apalagi off-road.

 

Anda juga harus melihat tujuan penggunaan mobil. Jenis mobil SUV ditujukan untuk melewati medan jalan yang sulit dan memacu adrenalin. Namun SUV juga dapat dijadikan sebagai mobil pilihan keluarga, hanya saja kapasitas penumpang yang dapat diangkut lebih sedikit dibandingkan MPV. Sedangkan jenis mobil MPV lebih mengutamakan kenyamanan dan keamanan berkendara bersama keluarga. MPV dilengkapi bagasi yang cukup luas dan dapat menampung hingga 7 orang penumpang. Ditambah lagi sistem jok yang dapat dilipat membuat bagasi dapat menjadi lebih luas lagi.

 

Dari segi bodi, mobil SUV menggunakan stuktur body on frame atau bodi mobil yang diposisikan berada diatas sasis karena diperuntukkan untuk melewati medan yang sulit dilalui. Sedangkan MPV memang didesain lebih tinggi dan lebar sehingga kabin mobil menjadi lebih luas. Hal ini lah yang membuat jenis mobil MPV memang diperuntukkan sebagai mobil pilihan keluarga.

 

Lalu jika Anda mempertimbangkan membeli mobil SUV atau MPV, baik baru atau mobil bekas berkualitas, pastikan mobil yang akan dipinang telah mendapatkan dukungan sparepart, baik di bengkel resmi ataupun non resmi. Jika memilih kredit mobil bekas, perhatikan juga spesifikasi dan riwayat mobil incaran Anda.

 

So, apakah Anda sudah memutuskan untuk memilih mobil MPV murah atau SUV? Apapun pilihannya, kedua jenis mobil ini cocok untuk dijadikan mobil keluarga idaman. Happy hunting!

 Oleh : Redaksi momobil.id - Artikel Otomotif Foto : Istimewa - Mobil Pilihan Keluarga

Berita Terbaru

  • Asyik, Mudik Lebaran 2019 Bisa Lewat Tol Trans Jawa! Ini Tarifnya
    • 17 May 2019
  • Mengapa Sebaiknya Mencopot Stiker Barcode di Kaca Mobil?
    • 17 May 2019
  • Tertarik Kunjungi GIIAS 2019? Tiketnya Bisa Beli Online di Blibli.com
    • 15 May 2019
  • Ingin Beli Mobil Bekas untuk Lebaran? Pertimbangkan Tip Berikut Ini
    • 15 May 2019
  • Pamerkan Perkembangan Teknologi Otomotif, Ini Daftar Brand Kendaraan di GIIAS 2019
    • 15 May 2019