Mobil yang Sering Nganggur di Garasi Bisa Rusak Loh! Lakukan Hal Ini Supaya Mobil Tetap Awet

Ditulis oleh : admin | 10 July 2019

Mobil yang Sering Nganggur di Garasi Bisa Rusak Loh! Lakukan Hal Ini Supaya Mobil Tetap Awet

momobil.id – Ada anggapan bahwa mobil yang jarang digunakan akan lebih awet dan bebas masalah serta tak membutuhkan banyak perawatan. Kenyataannya justru sebaliknya. Pemilik kendaraan tetpa harus merawat mobilnya karena beberapa ‘penyakit’ justru mengintai mobil yang hanya terdiam di garasi dalam waktu yang lama.

Salah satu alasan seseorang jarang menggunakan mobil untuk aktivitas sehari-hari yakni karena padatnya lalu-lintas dan kemacetan di jalan. Hal ini membuat orang lebih memilih moda transportasi lain. Meski menggunakan transportasi lain untuk aktivitas sehari-hari, pemilik mobil tetap harus menggunakan kendaraan roda empatnya setidaknya dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Jika terus didiamkan, mobil berpotensi mengalami kerusakan. Penyakit pertama yang berpotensi menyerang mobil adalah masalah pada aki atau baterai yang melemah. Hal ini terjadi akibat tidak adanya siklus pengisian ulang yang biasanya otomatis terjadi saat mesin hidup atau saat berjalan. Penyakit kedua yang bisa menyerang mobil adalah kerusakan pada kaki-kaki, dalam hal ini ban. 

Akibat terlalu lama diam, tekanan udara dalam ban bisa berkurang hingga akhirnya mengempis. Masalah pada kaki-kaki bisa lebih parah jika menyerang bearing roda lantaran beban hanya terjadi di satu titik saja, tidak ada rotasi atau pergantian tumpuan pada permukaan ban.

“Jika mobil jarang digunakan, minimal rajin memanaskan mobil setidaknya dua hari sekali. Panaskan selama 15 menit agar alternator kembali mengisi daya pada aki. Bila ingin lebih maksimal, memanaskan mobil baiknya sambil berjalan agar roda ikut bergerak,” ujar Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, Sapta Agung Nugraha, seperti dilansir laman resmi Auto2000.

Bagi pemilik mobil yang jarang menggunakan kendaraannya, sebaiknya juga memperhatikan oli mesinnya. Karena pada mobil yang sudah lama didiamkan, otomatis akan membuat oli mengendap di bawah. Ini alasan pentingnya memanaskan mobil setidaknya dua kali sehari agar oli mengalir di seluruh komponen mesin.  

Baca Juga: Mengenal ukuran CN pada bahan bakar diesel dan perbedaannya dengan RON Bensin

Lalu, apa lagi yang harus diperhatikan? Pemilik mobil harus memeriksa kondisi rem tangan untuk mencegah kerusakan. Pasalnya, rem tangan yang aktif terlalu lama karena jarang digunakan akan membuat minyak pada piringan rem lengket dan menyebabkan kerusakan. Untuk mengakalinya, kamu bisa mengganjal ban mobil untuk mencegah ban bergerak saat sedang diparkir. Hal terakhir yang perlu diperhatikan, pastikan tangki bahan bakar terisi penuh. Tujuannya agar tidak ada sisa ruang udara di tangki kendaraan yang dapat mengakibatkan embun dan berujung pada penurunan kualitas bahan bakar yang membuat kinerja mesin terganggu. So, pastikan tetap merawat mobil kamu meski jarang digunakan ya!

Tertarik mencari mobil bekas berkualitas dengan harga terjangkau? Momobil menyediakan beragam listing mobil pilihan dan Personal Assistant yang siap membantu Anda mendapatkan kendaraan idaman.

Sumber gambar: IST


Kembali ke atas