Mobil Sulit Menyala, Aki Sudah Soak atau Hanya Kurang Setrum?

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 14 April 2020

momobil.id – Komponen paling vital pada bagian kelistrikan mobil adalah aki. Tanpa aki, mobil tak bisa menyala dan semua komponen kelistrikan lainnya juga akan mati. Karena itu, penting bagi pemilik kendaraan memantau kondisi aki mobil agar jangan sampai soak jika tak ingin mengalami kesulitan ketika sedang dalam perjalanan.

Dalam merawat aki, pemilik mobil juga perlu mengetahui perbedaan kondisi apakah aki tersebut memang sudah soak atau hanya kurang setrum. Ciri-ciri aki kurang setrum biasanya masih memiliki cairan yang cukup. Jika hanya kurang setrum, bisa disetrum ulang.

Penyebab aki kurang setrum biasanya karena pengguna lupa mematikan lampu ketika parkir yang menyebabkan adanya energi terbuang ketika mesin mobil mati. Kondisi aki kurang setrum juga bisa terjadi ketika mobil cukup lama nganggur alias jarang sekali digunakan.

Namun jika aki sudah soak, maka tidak ada obatnya selain menggantinya dengan yang baru. Kalaupun mengganti cairan elektrolit pada aki basah, maka sifatnya hanya sementara. Sebelum aki benar-benar soak, biasanya sudah muncul gejala yang mengindikasikan hal tersebut. Beberapa ciri aki mobil yang mulai soak seperti:

  • Mobil mulai sulit dinyalakan (starter). Jika biasanya sekali, dua kali starter sudah menyala, sekarang harus sampai tiga kali atau lebih baru mobil bisa menyala.
  • Cahaya lampu mobil tak seterang biasanya.
  • Bunyi klakson mobil tidak senyaring biasanya.

Baca juga: Tiga Penyebab Ban Mobil Cepat Aus

Jika sudah merasakan gejala tersebut, sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel guna memastikan kondisi aki. Aki mobil yang sudah soak biasaya memang disebabkan usia pemakaian dan harus diganti dengan yang baru.

Adapun bagi mobil yang menggunakan aki MF (maintenance free), bisa memantau indikator untuk memastikan kesehatan aki. Umumnya ada tiga petunjuk warna pada aki MF yakni biru, putih, dan merah. Warna biru menandakan kondisi aki masih baik, putih artinya aki perlu disetrum, dan merah menandakan aki sudah rusak.

berita terkait lainnya

MOMOBIL.ID, SITUS JUAL BELI MOBIL BEKAS TERBAIK DI INDONESIA

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia… karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.

Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!

Kembali ke atas