Mobil SUV Pakai Spion Tanduk di Kap Mesin, Ternyata Ini Fungsinya

Ditulis oleh : Farah Diba Agustine

2 October 2019

Mobil SUV Pakai Spion Tanduk di Kap Mesin, Ternyata Ini Fungsinya

momobil.id – Saat melihat mobil-mobil SUV bongsor seperti Pajero atau Fortuner, mungkin kamu seringkali bertanya-tanya fungsi dipasangnya spion kecil tambahan di atas kap mesin atau yang biasa disebut spion tanduk. Padahal, mobil tersebut sudah dibekali spion kanan dan kiri seperti mobil pada umumnya.

Banyak orang mengira spion tanduk dipasang di atas kap mesin sekedar untuk aksesori mobil. Padahal, spion tersebut memiliki fungsi lain. Spion kiri dan kanan yang disematkan pada setiap mobil memiliki batas visibilitas. Terlebih, untuk mobil yang memiliki bodi besar dan ground clearance yang tinggi memang lebih sulit bagi pengemudi untuk melihat area blind spot sebelah kiri. Karena itulah spion tanduk diperlukan.

Dengan adanya spion tersebut, pengemudi lebih percaya diri untuk melewati jalan-jalan yang sempit karena mendapat penglihatan tambahan untuk ban dan bodi mobil pada sisi kanan atau kiri. Penempatannya tergantung posisi kemudi.

Memang kamera 360 derajat atau bird view sudah tersedia di pasaran dan dapat membantu pengemudi untuk memantau area blind spot, namun biayanya sangat mahal jika sewaktu-waktu mengalami kerusakan. Karena itu, spion tanduk dapat menjadi pilihan alternatif jika kamu tidak ingin merogoh kocek terlalu dalam, terutama yang menggunakan mobil SUV seperti Pajero atau Fortuner.

Spion tanduk dijual dengan harga yang bervariasi dengan kualitas berbeda-beda. Pemasangan spion tanduk menjadi tidak berguna jika kamu salah memilih spion, seperti tidak terlalu dapat diatur derajatnya atau ukurannya yang terlampau kecil.

Baca Juga: Teknik mencuci mesin mobil agar komponen kelistrikan tidak korslet

Ada baiknya jika kamu turut memperhatikan hal tersebut beserta material spion agar tidak mudah rusak atau lepas. Sementara, jika mobil kamu sudah dibekali dengan spion tanduk, lebih baik tidak dilepas agar aktivitas berkendara tetap nyaman. Pastinya akan lebih repot jika mobil kamu terperosok ke dalam selokan atau terbaret material lainnya karena salah memperkirakan jarak berkendara di jalanan sempit.

Sumber gambar: motor1

berita terkait lainnya

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... Read More

Kembali ke atas