Mobil Termurah di Dunia Ini Harganya Cuma Rp16 Jutaan

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 21 June 2020

Mobil Termurah di Dunia Ini Harganya Cuma Rp16 Jutaan

momobil.id – Mobil merupakan salah satu moda transportasi yang disukai banyak orang. Meski begitu, hambatan terbesar bagi sebagian orang dalam memiliki mobil baru adalah harganya yang cukup tinggi. Namun bagaimana jika ada mobil baru yang cukup murah, bahkan terbilang termurah di dunia saat ini?

Mobil termurah di dunia saat ini ternyata bukan dari pabrikan otomotif yang beroperasi di Indonesia. Seperti dilansir Jawa Pos, mobil termurah di dunia itu ternyata adalah sebuah box car dari pabrikan Tiongkok bernama Changli.

Jason Torchinsky dari Jalopnik membeli satu mobil tersebut dari platform belanja online Tiongkok. Mobil tersebut dibelinya hanya dengan harga USD 1.200 atau berkisar Rp 16,8 jutaan. Harga ini termasuk paket baterai karena mobil tersebut adalah mobil listrik.

Torchinsky membeli mobil tersebut mulanya hanya iseng dan tak berharap akan mendapatkan apa yang dibayangkan sebagai sebuah mobil. Namun diluar dugaan, mobil yang dikapalkan langsung dari Tiongkok itu benar-benar hadir layaknya sebuah mobil hanya saja dengan desain kotak atau disebut sebagai box car.

Untuk sesuatu yang ditebus dengan harga sangat murah, apa lagi untuk sebuah kendaraan roda empat, mobil tersebut dikatakan memiliki semua fitur yang diharapkan dari sebuah mobil modern. Mobil tersebut bahkan memiliki kamera cadangan.

Namun, mobil ini bukannya tidak punya kekurangan. Mobil tersebut disebut hanya bisa melaju dengan sangat lambat karena hanya mampu menghasilkan daya 1,1 tenaga kuda. Tenaga ini boleh dibilang hampir tidak cukup untuk mendaki tanjakan. Kekurangan lainnya adalah dimensi yang sangat sempit.

Baca juga: Ferrari Enzo Rakitan 2003 Pecahkan Rekor Mobil Termahal Lelang Online

Adapun bagi yang sedang mencari mobil murah, bisa juga mempertimbangkan mobil-mobil bekas dengan tahun lawas. Beberapa di antaranya bahkan ada yang harganya lebih murah dari box car tersebut. Misalnya, Daihatsu Hijet 1000 tahun 1985 dengan mesin CB20 OHC 993 cc yang menggunakan karburator, mobil ini harganya tak sampai Rp10 juta tergantung kondisi.

Atau Suzuki Carry 1.0 Extra Van tahun 1988 yang dikenal memiliki mesin awet dan bandel. Mesin yang dipakainya adalah mesin SOHC 970cc dengan sistem pembakaran karburator yang terkenal irit BBM.


Kembali ke atas