Mobil Ini Tidak Pernah Dicuci Selama 44 Tahun, Begini Awal Ceritanya

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 15 November 2020

Mobil Ini Tidak Pernah Dicuci Selama 44 Tahun, Begini Awal Ceritanya

momobil.id – Mobil yang digunakan sehari-hari sudah pasti perlu dicuci guna mejaga lapisan cat dan mencegah terjadinya keropos. Namun, apa jadinya jika mobil tidak pernah dicuci?

Bukan sehari dua hari atau sebulan, mobil ini tidak pernah dicuci hingga 44 tahun. Sejak pertama kali dibeli tahun 1976, mobil Datsun 28oZ milik warga Philadelphia, Amerika Serikat, belum pernah dicuci oleh pemiliknya.

Hanya saja, ada cerita di balik hal tersebut. Seperti dilansir kumparan, saat sang pemilik pertama kali membeli mobil tersebut, dirinya menyadari bahwa ada penyok kecil pada bagian bumper depan.

Datsun 28oZ
Datsun 28oZ

Dirinya pun langsung melakukan klaim, dan pihak diler menawarkan untuk perbaikan dempul dan pengecatan ulang sebagai ganti rugi. Akan tetapi, sang pemilik menolak tawaran dan minta bumper baru. Akhirnya, setelah melalui proses negosiasi panjang, diler pun bersedia memberikannya, dan melepaskan bumper rusak sambil menunggu yang baru datang.

Namun apesnya, karena ada masalah pada kondisi ekonomi kala itu, proses perbaikan mobil ini terhenti dan tak pernah berlanjut hingga saat ini. Mobil terbengkalai selama 44 tahun di gudang dengan kondisi bumper yang terlepas dan bodi yang diselimuti debu tebal.

Menyoal kondisinya sendiri, sebenarnya mobil ini terbilang masih sangat segar layaknya mobil baru. Selain odometernya yang sangat rendah, berbagai identitas mobil baru seperti stiker pengecekan, kunci orisinal yang masih dalam kondisi bersih, hingga tutup tangki bahan bakar yang bersih dan belum pernah dibuka, juga terdapat pada mobil ini.

Tak hanya itu, pada bagian dalam mobil ini juga nampak masih terdapat jok orisinal yang terbungkus plastik. Lalu pada balik kap mesinnya, mesin standar dari Datsun 280Z juga masih terpasang lengkap.

Bahkan, beberapa komponen yang ada, seperti fan belt, kabel-kabel, dan kode nomor pada komponen lainnya, juga nampak masih orisinal dan belum tersentuh sejak 44 tahun lalu.

Kini, setelah berhasil ditemukan kembali, harta karun Datsun 280Z itu pun rencananya akan dibangun ulang oleh pemilik barunya. Namun, sebelum mobil itu dihidupkan kembali dan dibangun ulang, tentu saja proses pembersihan jadi hal pertama yang wajib dilakukan.

Tak tanggung-tanggung, setelah 44 tahun tak pernah ‘mandi’, mobil klasik langka ini pun akhirnya merasakan dicuci untuk pertama kalinya dan dicuci langsung oleh detailer terkenal asal Amerika Serikat, Larry Kosilla.

Baca juga: Sebaiknya Jangan Ditunda, Daftar Suku Cadang Ini Perlu Rutin Diganti

Dalam proses pembersihan Datsun 280Z tersebut, Larry tidak langsung menyemprot sekujur mobil itu dengan air bertekanan tinggi. Dirinya justru menggunakan sebuah cairan busa khusus dan lap microfiber untuk menghapus debu tebal tersebut.
Sebab, bila dirinya langsung menyemprot bodi mobil itu dengan air bertekanan tinggi, dikhawatirkan akan merusak komponen cat mobil tersebut.

Barulah setelah mobil itu dibersihkan dengan cairan busa khusus dan microfiber, Larry pun melakukan pembilasan dengan menggunakan air bertekanan tinggi. Setelah proses pembilasan dan pengeringan dilakukan, tahapan terakhir yang dilakukan Larry, yakni dengan memoles dan melakukan detailing secara menyeluruh pada bagian eksterior, interior, hingga mesinnya.

Kini, setelah selesai dibersihkan dan di-detailing oleh Larry, Datsun 280Z berusia 44 tahun itu pun nampak terlihat seperti mobil baru lagi.


Kembali ke atas