Mobis E-Corner pada Hyundai IONIQ 5, Solusi Sulit Parkir

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 11 January 2023

Mobis E-Corner pada Hyundai IONIQ 5, Solusi Sulit Parkir

momobil.id – Pada ajang pameran Consumer Electronic Show (CES) 2023, Hyundai Mobis (Mobility Beyond Integrated Solution) memperkenalkan teknologi terbaru. Divisi pengembangan Hyundai Motor Group tersebut memperkenalkan Mobis System E-Corner pada Hyundai IONIQ 5.

Teknologi Mobis System E-Corner mampu memudahkan pengemudi untuk memarkir mobil di lahan yang sempit. Beberapa komponen yang digunakan pada setiap roda merupakan kombinasi dari electric damper, brake by wire, steer by wire, dan in-wheel motor. Sistem E-Corner dirancang untuk kendaraan hybrid, EV, dan fuel cell electric. Teknologi ini juga bisa diaplikasikan pada mobil SUV dan hatchback di masa depan.

Meskipun sudah diperkenalkan, teknologi ini baru sebatas demonstrasi. Untuk saat ini, sistem E-Corner sulit untuk diterapkan pada kendaraan yang diproduksi massal. Namun, tidak menutup kemungkinan Hyundai akan merilisnya pada masa depan.

Baca Juga: Bedah Fitur Hyundai SmartSense pada Hyundai Stargazer

Empat Mode pada Mobis System E-Corner

Berdasarkan video yang diunggah oleh Hyundai, terdapat empat mode Mobis System E-Corner yang diaplikasikan pada Hyundai IONIQ 5.

Mode pertama adalah mode “Crab Driving“. Dengan mode tersebut, roda kendaraan akan berputar hingga 90 derajat dan bergerak lurus horizontal layaknya kepiting. Tentunya hal ini dapat mempermudah pengemudi untuk memarkir kendaraan. Cukup berhenti di samping lahan terbuka, kendaraan mampu langsung meluncur.

Mode kedua adalah “Zero Turn“. Dengan mode ini, kendaraan akan lebih mudah berputar balik secara cepat. Roda kendaraan akan berputar pada sudut 45 derajat, kemudian mobil mampu berputar 360 derajat. Tidak hanya roda depan, roda belakang juga ikut berputar sejauh 45 derajat.

Mode ketiga adalah “Diagonal Driving“. Pada mode ini, keempat roda kendaraan berputar 30 derajat, lalu bergerak dari sudut ke sudut layaknya garis diagonal. Mode diagonal driving juga terdapat pada SUV GMC Hummer EV.

Mode terakhir adalah “Pivot Turn“. Pada mode ini, roda depan akan tetap dalam keadaan lurus. Sementara roda belakang akan berputar 90 derajat. Mode ini memudahkan pengendara untuk menggeser bagian belakang mobil ke kanan atau ke kiri.

mobil terkait

Rp 601.150.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 331.100.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 309.100.000

Individu

JAKARTA PUSAT

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA

Rp 275.000.000

Individu

BANDUNG


Kembali ke atas