Perhatikan Hal ini Saat Hendak Modifikasi Lampu Mobil

Ditulis oleh : admin | 17 January 2022

Perhatikan Hal ini Saat Hendak Modifikasi Lampu Mobil

momobil.id – Agar tampilan mobil menjadi sporty dan lebih fungsional, biasanya pemilik mobil melakukan modifikasi pada beberapa bagian kendaraan. Salah satu bagian yang tak luput dimodifikasi adalah lampu mobil. Seringkali pemilik mobil melakukan modifikasi pada headlamp, fog lamp, hingga menambah lampu reflektor. Namun, hal itu tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat hendak modifikasi lampu mobil. Hal tersebut dapat berakibat fatal, apalagi lampu diganti oleh produk aftermarket dan tidak dikerjakan oleh ahli.

Sebelum melakukan modifikasi, pemilik kendaraan perlu tahu fungsi asli dari setiap lampu. Misalnya, mengganti lampu rem dengan lampu putih tidak boleh, karena dapat membingungkan pengguna jalan yang lain. Selain itu, lampu penanda mobil harus dibuat stagnan, tidak kelap kelip seperti lampu hazard. Modifikasi yang tidak memperhatikan fungsi lampu tentunya dapat membahayakan pengguna jalan yang lain.

Baca Juga: Asal Pasang Bohlam Bisa Sebabkan Mika Lampu Mobil Kekuningan, Simak Penjelasannya

Modifikasi lampu disarankan menggunakan lampu bawaan pabrikan dan di bengkel resmi. Apabila harus menggunakan lampu aftermarket, maka harus teliti dalam melakukan pemasangan. Salah satu kesalahan yang sering muncul dalam modifikasi lampu menggunakan lampu aftermarket ada pada pemasangan. Pemasangan aksesori yang tidak sesuai dan salah wiring dapat menyebabkan komputer mobil malfungsi. Kinerja aki lebih cepat menurun , bahkan beberapa sensor pada mobil tidak berfungsi. Salah satu akibat yang paling parah adalah terjadi korsleting dan dapat menimbulkan kebakaran mobil.

Oleh karena itu, sebelum mengerjakan modifikasi lampu, ada baiknya pemilik menghitung dan menganalisa lampu dan beberapa hal. Sebab, modifikasi lampu membutuhkan banyak kabel dan komponen tambahan. Hal ini juga dibenarkan oleh Yomin Sugianto selaku pemilik bengkel spesialis lampu Yoong Motor.

“Ada kabel tambahan, harus selalu ada pengaman sekring, dan itupun dihitung dari kapasitas watt sampai dengan tipe jenis lampu yang digunakan, agar terhindar dari korsleting atau rumah lampu terlalu panas. Sebelum mengerjakan lampu modifikasi tersebut, sebaiknya dianalisa dulu dan dihitungkan semua barang-barang yang digunakan. Itu durability-nya (harus) sudah benar-benar layak untuk dipasangkan ke mobil konsumen maupun pemakai lampu-lampu yang lainnya” ujar Yomin dilansir dari Kompas.com.

mobil terkait

Rp 269.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 342.000.000

Individu

BEKASI

Rp 192.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 287.000.000

Individu

BEKASI

Rp 355.000.000

Individu

PALEMBANG

Rp 186.000.000

Individu

BEKASI


Kembali ke atas