Mudah Kok! Begini Cara Mengganti Wiper Mobil yang Tepat

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 1 February 2024

Mudah Kok! Begini Cara Mengganti Wiper Mobil yang Tepat

momobil.id – Wiper mobil merupakan salah satu komponen yang wajib diperhatikan, terutama saat memasuki musim hujan. Kondisi wiper yang rusak tentu dapat mengganggu visibilitas saat mengemudi di cuaca hujan. Penggantian wiper yang rusak bukanlah pekerjaan yang sulit. Pemilik mobil bisa menggantinya sendiri di rumah. Berikut cara mengganti wiper mobil yang benar.

Langkah Mengganti Wiper Mobil

Berikut ini merupakan langkah-langkah mengganti wiper mobil dengan tepat.

1. Ketahui Bilah Wiper yang Perlu Diganti

Wiper mobil terdiri dari tiga komponen utama, yakni lengan bawah yang membentang dari bagian dasar kaca depan, bilah logam atau plastik yang terpasang pada lengan bawah. serta bilah karet yang berfungsi membersihkan kaca depan mobil. Mengganti bilah wiper depan serupa dengan mengganti bilah karet yang sudah usang akibat pengaruh air dan cuaca.

Ketahuilah bahwa kedua wiper memiliki ukuran yang berbeda. Satu sisi wiper memiliki ukuran yang lebih pendek, sementara sisi lainnya memiliki ukuran yang lebih panjang sekitar 2-5 cm. Pastikan ukuran bilah yang diganti sesuai agar wiper dapat bekerja dengan optimal.

2. Mengukur Bilah Wiper yang Perlu Diganti Terlebih Dahulu

Sebelum mengganti bilah wiper, ada baiknya untuk mengetahui dimensi wiper yang tepat. Ukur terlebih dahulu bilah wiper lama menggunakan penggaris atau meteran, kemudian catat hasil pengukuran dengan tepat. Selanjutnya, pengguna bisa mengunjungi toko onderdil untuk membeli bilah karet dengan ukuran yang sesuai.

3. Melepas Wiper Mobil

Langkah utama yang perlu dilakukan adalah melepas wiper yang sudah usang. Hal ini dilakukan dengan mengangkat wiper ke arah atas, mirip dengan langkah saat mencuci mobil.

Perhatikan bagian sendi bilah karet bertemu dengan lengan wiper yang terbuat dari logam. Pada bagian tersebut terdapat penjepit, klip, dan sumbat plastik kecil yang berfungsi menjaga bilah penyeka tetap berada pada posisinya.

Kemudian, tekan klip atau bagian pengunci karet yang berada di tengah wiper dan dorong ke bawah hingga bilah terlepas dari tangkai besinya. Pastikan satu tangan memegang bilah wiper dan menjauhkannya dari kaca depan mobil. Wiper yang jatuh dan menimpa kaca mobil bisa menimbulkan baret atau retak.

Wiper sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni wiper model frame dan frameless. Untuk melepas model frame, arahkan wiper ke bagian atas, kemudian tekan flip penjepit tangkai pada frame. Dorong frame wiper ke arah bawah untuk melepasnya. Pada wiper frameless, buka kunci pengait, kemudian lepas wiper dengan cara mendorongnya ke bawah.

4. Memasang Wiper Mobil

Setelah melepas wiper yang sudah usang, kini saat memasang bilah wiper yang baru. Untuk langkah awal, angkat dan posisikan wiper logam berdiri tegak lurus. Pastikan posisi wiper stabil. Lakukan hal ini dengan hati-hati karena lengan wiper dilengkapi dengan per atau pegas. Apabila dilakukan sembarangan, bagian tersebut akan menyentak dan menyebabkan kaca depan mobil retak.

Perlu diketahui bahwa cara pemasangan wiper model frame dan frameless berbeda. Untuk wiper model frame, posisikan bilah wiper baru ke ujung yang sama seperti saat mengeluarkan bilah lama. Selipkan pengait atau flip penjepit yang terletak di tangkai ke dalam tangkai besinya. Kemudian, putar, tekan, dan dorong frame ke arah atas hingga terdengar klik.

Untuk pemasangan wiper model frameless, bukalah penutup rumah penyeka kaca, kemudian masukan tangkai pengaitnya ke rumah wiper. Dorong wiper trsebut ke atas hingga terdengar bunyi klik.

Bunyi klik pada wiper merupakan tanda bahwa wiper terpasang dengan sempurna. Untuk menyelesaikan proses pemasangan, rebahkan kembali wiper ke kaca depan mobil.

Baca Juga: Mengenal Fungsi dan Pentingnya Wiper Kaca Belakang pada Mobil

Kapan Waktu yang Tepat Mengganti Wiper?

Wiper yang rusak dan tidak bekerja dengan optimal tentunya perlu diganti. Sebelum mengganti wiper, pemilik mobil perlu mengecek kondisinya terlebih dahulu.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengecek kemungkinan adanya keretakan pada wiper. Wiper akan mengeras dan retak seiring dengan lamanya penggunaan, terutama saat iklim panas dan kering. Jika wiper tampak kehilangan pegas karetnya, segera ganti dengan yang baru.

Selain itu, perhatikan pula kinerja wiper saat menyeka air hujan. Daya cengkram wiper kemungkinan hilang jika meninggalkan lintasan air. Pada saat itulah pemilik mobil perlu mengganti bilah wiper.

Tips Merawat Wiper Mobil

Agar kinerja wiper mobil tetap optimal, berikut tips perawatannya!

  • Cek bagian karet wiper secara berkala.
  • Memberi pelumas pada bagian poros wiper agar tidak mudah aus.
  • Isi cairan wiper pada tangki khusus yang menyimpan cairan pembersih kaca mobil.
  • Hindari memarkir mobil di bawah terik sinar matahari.

mobil terkait

Rp 145.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 138.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 118.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 100.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 120.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 140.000.000

Individu

DENPASAR


Kembali ke atas