Nabung Untuk Nikah atau Beli Mobil Dulu ya? Ini Solusinya!

Ditulis oleh : admin | 6 February 2017

Nabung Untuk Nikah atau Beli Mobil Dulu ya? Ini Solusinya!

Ketahuilah urusan pernikahan dengan keinginan membeli mobil seringkali kontradiktif bagi setiap pria. Tentu saja keduanya memiliki tingkat prioritas yang sulit dibedakan. Bagi setiap pria (biasanya) memiliki mobil adalah salah satu dambaan dalam hidup. Namun, bukan berarti menempuh hidup baru bersama pasangan bukan menjadi prioritas bagi seorang pria. Tentu saja, keduanya memiliki kepentingan yang harus didahulukan.

Baca Juga : Kredit Rumah atau Mobil ya? Ini Solusinya!

Lantas, bagaimana jika Anda memiliki penghasilan yang terbatas tapi ingin mencapai keduanya? Baik nikah atau beli mobil? Tidak perlu khawatir, karena setiap tujuan pasti akan selalu ada jalan untuk meraihnya. Berikut ini tips untuk Anda yang masih bimbang apakah ingin membeli mobil terlebih dahulu, atau meminang pasangan Anda terlebih dahulu. Lakukan keduanya dengan cara ini. Yuk simak pertimbangan menikah atau beli mobil berikut ini!

Pahami Kondisi Keuangan Anda Saat Ini Dan Proyeksi Ke Depannya

Menikah atau membeli mobil dulu?
Source: finansialku.com

Bicara pernikahan adalah persoalan yang serius dalam segala sudut pandang. Termasuk dalam hal keuangan adalah hal yang paling penting untuk diperhatikan. Untuk itu, sebelum memastikan mana yang Anda pilih: menikah atau beli mobil baru dulu? Untuk menentukan ini, pahami dulu kondisi keuangan Anda saat ini. Apakah penghasilan Anda saat ini cukup untuk memenuhi keduanya? Bagaimana jika pasangan Anda memilih untuk fokus mengurus rumah tangga (tidak bekerja) dan Anda harus menopang kehidupan Anda dan istri Anda kelak?

Hal sederhana untuk memahami ini adalah lakukan simulasi perhitungan keuangan Anda. Lakukan komparasi antara pendapatan dan pengeluaran Anda, apakah hasilnya seimbang, timpang, atau masih ada kelebihan uang yang bisa disimpan? Setelah Anda mengetahui ini, Anda akan mengerti mana pilihan terbaik yang harus Anda pilih. Jangan lupa, Anda juga harus bisa memproyeksikan masa depan Anda bersama pasangan kelak. Jika kans untuk menikah dan membeli mobil bisa tercapai, maka Anda dapat melakukan keduanya. Namun, jika kemungkinannya masih sulit untuk dilakukan, berarti Anda harus mencari cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Jika Anda Memiliki Tujuan Hidup, Menabung Adalah Salah Satu Cara yang Realistis

Source: blogspot.com

Dengan asumsi Anda telah memiliki pekerjaan dan penghasilan yang tetap, sebaiknya mulai lah menabung dari sekarang. Menyisihkan sebagian uang dari penghasilan Anda adalah cara yang paling realistis untuk mencapai kedua tujuan ini: menikah dan membeli mobil. Walaupun istilah -tidak ada kata terlambat untuk memulai- tapi, ada satu pengecualian untuk yang satu ini. Mulai lah menyisihkan sebagian gaji Anda sejak Anda memiliki pekerjaan tetap–atau tepatnya–sejak dari sekarang.

Berapa jumlah yang harus Anda sisihkan untuk mencapai persiapan nikah dan memiliki mobil pribadi? Jika Anda belum memiliki tanggungan kewajiban namun telah memiliki pekerjaan (memiliki penghasilan tetap) ada baiknya jika Anda menyisihkan 20-40% dari penghasilan Anda. Jika terasa berat lanjutkan dengan 5-10% dari penghasilan Anda asalkan proses tabungan Anda berjalan dengan rutin. Pada intinya, mulai lah dari sekarang, lanjutkan secara rutin, lebih baik mengurangi jumlah tabungan daripada tidak menabung sama sekali. Dengan begitu, pencapaian Anda akan berhasil setelah 3-4 tahun berjalan. Selamat mencoba!

Hentikan Kebiasaan Boros

Source: assajidin.com

Masing-masing setiap orang memiliki sifat boros dengan caranya sendiri. Tergantung seberapa besar ukuran boros yang dilakukan. Tentu saja, seberapa besar pun angka yang sebenarnya harus Anda bayar walau tidak penting adalah sifat boros yang harus Anda hindari jika ingin mencapai untuk meminang pasangan dan membeli mobil. Sebenarnya tidak sulit menghentikan kebiasaan boros ini. Mulai lah dari menghindari pemakaian kartu kredit yang berbunga tinggi. Selagi masih bisa dibayar dengan uang tunai, kenapa tidak untuk menghindari kartu kredit?

Selanjutnya, jika Anda berhasil menghentikan kebiasaan boros dan tabungan Anda telah cukup untuk mencapai pernikahan dengan pasangan, tentu saja, Anda dapat membeli mobil pribadi. Tidak perlu mobil baru, alternatif yang paling realistis saat ini adalah dengan kredit mobil bekas. Sebagai solusi, Momobil.id menyediakan berbagai macam mobil bekas dengan kondisi yang masih sangat prima. Selain itu, berbagai promo cicilan murah juga tersedia di Momobil.id. Ayo pertimbangkan dari sekarang, dan mimpi Anda untuk memiliki mobil pribadi akan menjadi kenyataan.

Berusahalah Terbuka Dengan Pasangan Anda

Source: viva.co.id

Jika Anda telah sepakat untuk menyatakan hubungan yang serius dengan pasangan, maka sudah waktunya Anda harus terbuka dalam berbagai hal dengan sang kekasih. Seperti terbuka mengenai hal apakah pasangan Anda bersedia jika segala macam biaya pernikahan yang merepotkan itu bisa ditanggung bersama-sama. Tentu saja, hal ini agar proses persiapan pernikahan dapat lebih cepat tercapai dan berjalan dengan lancar. Tidak perlu malu untuk melakukan pembicaraan pernikahan karena keterbukaan dengan pasangan dapat membuat perencanaan pernikahan lebih matang. Dengan begitu, Anda dapat menyisihkan sebagian tabungan Anda untuk memiliki mobil pribadi. Tentu saja, seperti sudah dijelaskan sebelumnya, kredit mobil bekas adalah salah satu alternatif yang dapat kamu capai untuk segera memiliki mobil pribadi. Akan lebih menyenangkan bukan jika Anda telah memiliki mobil pribadi sebelum menjalani kehidupan bersama pasangan?

Nah, itu dia beberapa siasat jika Anda masih bimbang antara menikah atau beli mobil terlebih dahulu. Sejatinya, setiap pilihan memiliki tantangannya tersendiri. Namun, bukan tidak mungkin keduanya bisa Anda capai secara bersamaan. Baik pernikahan maupun memiliki mobil pribadi adalah urusan yang sama-sama harus memiliki perencanaan yang matang. Jika Anda memiliki tujuan hidup bersama dengan pasangan, kenapa tidak untuk berkorban agar semuanya tercapai?

mobil terkait

Rp 205.000.000

Individu

SURABAYA

Rp 343.700.000

Individu

JAKARTA

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA

Rp 331.100.000

Individu

Rp 337.700.000

Individu

Rp 285.000.000

Individu

SEMARANG


Kembali ke atas