Negara Ini Melarang Warganya Menggunakan Mobil Warna Hitam

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 10 September 2020

Negara Ini Melarang Warganya Menggunakan Mobil Warna Hitam

momobil.id – Selain warna putih, mobil warna hitam juga memiliki banyak peminat di seluruh dunia. Namun di negara ini, warganya justru dilarang menggunakan mobil berwarna hitam.

Mobil warna hitam memiliki representasi formalitas, kekuatan, dan juga keanggunan. Meski begitu, Turkmenistan mengeluarkan kebijakan menghentikan penjualan mobil warna hitam di ibu kota Ashgabat sejak awal 2018.

Awalnya peredaran mobil hitam masih dibolehkan. Tapi sejak 2015, negara yang dipimpin Gurbanguly Berdymukhamedov itu telah melarang mobil warna hitam yang diimpor. Fakta lain juga mengungkap bahwa mobil dengan kaca film berwarna juga dilarang di sana sejak 2014. Mulai saat itu mobil-mobil di sana lebih terlihat tembus pandang kacanya.

Seperti dilansir kumparan yang mengutip The Diplomat, alasan pelarangan tersebut boleh dibilang kontroversial. Sang Presiden percaya bahwa mobil hitam membawa petaka, makanya kendaraan apapun yang berkelir gelap dianggap ilegal.

Yang jelas jika ada warganya yang masih memiliki mobil berwarna hitam, bisa langsung disita pemerintah. Mobil baru bisa dikembalikan, jika pemiliknya berjanji mengubah warnanya selain hitam, seperti silver atau putih yang dinilai membawa keberuntungan.

Rumor juga menyebut bahwa limusin yang digunakan Berdymukhamedov telah diganti warnanya dari hitam menjadi putih. Perubahan warna ini sering disebut-sebut sebagai antitesis kelir hitam, lambang kesucian.

Baca juga: Tips Mengatasi Ban Mobil yang Mendadak Pecah di Jalan Tol

Dalam beberapa kesempatan, termasuk acara kenegaraan terlihat Berdymukhamedov menggunakan mobil dinas berwarna putih, tidak seperti pemimpin negara lain yang kebanyakan menggunakan mobil hitam.

Saat turun dalam ajang balap, Presiden yang sebelumnya berprofesi sebagai dokter gigi itu juga terlihat percaya diri mengendarai BMW M3, yang keseluruhan bodinya dibalut warna putih.



Kembali ke atas