Nissan Hentikan Produksi Datsun di Indonesia, Bagaimana Nasib Suku Cadangnya?

Ditulis oleh : Danang Setiaji

26 March 2020

Nissan Hentikan Produksi Datsun di Indonesia, Bagaimana Nasib Suku Cadangnya?

momobil.id – Setelah beredar rumornya sejak akhir 2019 lalu, Nissan akhirnya mengumumkan secara resmi bahwa mereka tak lagi memproduksi Datsun untuk pasar Indonesia. Meski begitu, stok Datsun yang masih ada di dealer-dealer tetap ditawarkan kepada konsumen hingga habis.

Nissan menawarkan tiga pilihan Datsun untuk pasar Indonesia yakni Datsun GO, GO+, dan GO Cross. Keputusan menghentikan produksi Datsun lantaran hasil penjualan tak memenuhi ekspektasi, terutama di kelas LCGC. Pada 2019 lalu, penjualan Datsun di seluruh Indonesia hanya sekitar 7.000 unit. Di kelas LCGC sendiri, Datsun GO dan GO+ bersaing dengan Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio, dan Suzuki Karimun.

Seperti dilansir NDTV, Nissan sudah menutup dua pabriknya di Indonesia yakni di Karawang dan Purwakarta. Pabrik Karawang sebelumnya merakit mobil brand Nissan ditutup pada September 2019. Sedangkan pabrik Purwarkarta yang merakit brand Datsun, ditutup pada Januari 2020.

Meski menutup pabrik, Nissan menyatakan tidak akan angkat kaki dari Indonesia. Mereka akan tetap menjual beberapa model seperti X-Trail dan Serena yang diimpor dari Jepang, maupun Navara pikap dan Terra yang diimpor dari Thailand. Nissan juga tetap menjual Livina yang bermitra dengan Mitsubishi. Selain itu, Nissan kabarnya berencana memperkenalkan Kicks di Indonesia, mobil kelas SUV yang diimpor dari Thailand.

Terkait penghentian produksi Datsun di Indonesia, President Director PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Isao Sekiguchi, menyatakan akhir dari produksi kendaraan adalah bagian dari rencana optimisasi yang mencakup pembenahan, optimalisasi produksi, dan penataan ulang operasi bisnis. Ia menjelaskan sejumlah perubahan akan dilakukan untuk membangun basis operasional dengan memastikan profit yang konsisten dan berkelanjutan dalam jangka menengah.

“Kami akan terus bekerja sama dengan mitra aliansi untuk memastikan manufaktur di Indonesia, dan semakin meningkatkan merek Nissan dengan menghadirkan model-model baru,” kata Sekiguchi seperti dilansir Kompas.com.

Baca juga: Saingin Wuling Almaz, DFSK Glory i-Auto Punya 54 Perintah Suara

Adapun mengenai ketersediaan suku cadang Datsun, Head of Communication PT NMI, Hana Maharani, menyatakan spare part tersedia seperti biasa hingga sepuluh tahun. “Iya, spare part sepuluh tahun,” kata Hana saat dikonfirmasi momobil.

berita terkait lainnya

momobil.id, Situs Jual Beli Mobil Bekas Terbaik di Indonesia

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia... Read More

Kembali ke atas