Nissan Kembangkan Purwarupa Mobil Listrik untuk Area Bencana

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 9 October 2020

Nissan Kembangkan Purwarupa Mobil Listrik untuk Area Bencana

momobil.id – Beberapa orang masih ada yang meragukan kemampuan mobil listrik, terutama terkait daya tahannya yang dianggap tak ‘sebandel’ mobil konvensional. Namun saat ini justru sudah ada mobil listrik yang memang diperuntukkan untuk menghadapi area bencana alam.

Seperti dilansir Medcom.id, Nissan baru sama memperkenalkan mobil purwarupa RE-Leaf yang merupakan pengembangan dari Leaf. Mobil listrik ini dirancang dengan sejumlah kemampuan khusus dan menjadi unit reaksi di area bencana alam pada masa mendatang.

Kemampuan unggulan utama yang ditawarkan mobil ini adalah sistem kelistrikan yang bisa digunakan dua arah, bisa dikonsumsi sebagai sumber energi penggerak dan bisa digunakan sebagai power bank untuk mengalirkan listrik ke berbagai perangkat. Fitur ini jelas sangat bermanfaat di daerah-daerah yang terkena bencana dan mengalami putus listrik.

Sebagai sumber listrik, Leaf mengandalkan baterai berukuran 62 kWh yang bisa digunakan untuk berbagai peralatan elektronik. Bahkan klaim dari pabrikan ini, listrik yang dimiliki mobil hatchback ini mampu menghidupkan satu rumah rata-rata di Eropa sampai enam hari.

Ketika datang sebagai recovery vehicle, ia pun dapat memberikan sokongan daya peralatan 230v terus menerus sampai 24 jam. Contoh Electric jack Hammer, Pressure Ventilation Fan, pemanas sup 10 liter, ventilator pernapasan, atau lampu makanan LED 100 watt.

Mengingat kemampuannya yang sangat cocok untuk mengunjungi daerah bencana, kemampuan jelajahnya pun ditingkatkan. Para insinyur Nissan membuat mobil ini lebih siap untuk melewati berbagai kondisi jalan, baik aspal maupun non aspal.

Baca juga: Penjelasan Mengenai Periode Brake-In Usai Membeli Mobil Baru

Sektor kaki-kakinya dibuat lebih tinggi 70 mm dan bagian kolongnya diberikan pelindung khusus guna menjaga baterai dari berbagai benda di jalan. Sebagai pelengkap, RE-Leaf mengusung sistem penggerak All Wheel Drive (AWD) dan didukung dengan pelek Compomotive MO5 berukuran 17 inci dibungkus ban All-Terrain BF Goodrich.

Masuk ke interior, jok belakang dihilangkan untuk meningkatkan kapasitas bagasi mobil. Ketika sampai zona bencana, dari bagasi muncul layar LED 32 inci dan power supply. Dapat menjadikan RE-Leaf sebagai pusat operasional untuk komunikasi sekaligus mengatur proses recovery.

Sumber gambar: Motor Authority


Kembali ke atas