Nissan Ungkap Rencana Luncurkan Mobil Sport Z Proto

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 8 September 2020

Nissan Ungkap Rencana Luncurkan Mobil Sport Z Proto

momobil.id – Nissan mengumumkan akan segera meluncurkan model baru bernama Z Proto pada 16 September nanti. Pabrikan asal Jepang tersebut tampak ingin membangkitkan kembali kekuatan Z baru di mobil sport anyar mereka.

Seperti dilansir Liputan6.com yang mengutip Carscoops, Nissan Z Proto akan diluncurkan di CDT, Nissan Paviliun, Yokohama, Jepang. Tidak ada detail lain yang diberikan dalam video tersebut, hanya terdapat gambar lampu LED yang dikelilingi kegelapan.

Mengingat waktu peluncurannya, masuk akal untuk percaya bahwa pembuat mobil akan meluncurkan Z Proto untuk model 2021. “Kami telah menggabungkan 50 tahun semangat dan warisan dengan teknologi modern untuk merancang generasi baru mobil sport Z yang legendaris,” tulis Nissan dalam pernyataannya.

Kabar lain menyebutkan, Z Proto merupakan generasi baru 370Z dengan berbagai pembaruan. Harapannya, mobil sport ini mampu menghembuskan daya hingga 400 tenaga kuda, dari mesin V6 berkapasitas 3,0 liter twin-turbo yang bersumber dari Infiniti Q50 dan Q60 Red Sport.

Rumornya, Nissan akan menawarkannya dengan transmisi manual enam percepatan atau sembilan percepatan otomatis. Namun, hal ini belum terkonfirmasi secara resmi, dan menunggu peluncurannya dalam waktu ke depan.

Sebelumnya, Nissan belum lama ini meluncurkan Kicks e-Power yang sepenuhnya menggunakan tenaga listrik untuk bergerak alias electric driven. Sedangkan mesin bakarnya berfungsi sepenuhnya sebagai generator.

Roda penggerak Kicks e-Power di bagian depan digerakkan motor listrik, ini menawarkan sensasi berkendara halus, sunyi, dan minim getaran seperti mobil listrik murni. Mesin bensin tidak terhubung ke roda, perannya sebagai perangkat cas baterai lithium ion. Sementara inverter berguna mengubah aliran DC dan AC untuk menyuplai energi antara baterai dan motor listrik.

Baca juga: Hanya Ada Lima Unit di Indonesia, Ini Dua Varian Anyar BMW M8

Sensasi seperti mobil listrik bakal sirna saat mesin menyala kapanpun sistem mendeteksi baterai butuh energi tambahan. Skenario mesin menyala yakni saat baterai melewati batas tertentu atau ketika pengemudi menginjak pedal gas buat berakselerasi lebih cepat.

Kicks e-Power dilengkapi motor listrik EM57 tipe AC3 Synchronous Motor, sedangkan mesin bensinnya HR12, 1.200 cc, DOHC, 3-silinder. Di atas kertas tenaga maksimum mobil ini 127,2 hp dengan torsi 260 Nm.

Sumber gambar: MotorTrend


Kembali ke atas