Oli Mesin Mobil Harus Sesuai Takaran, Ini Efeknya Jika Kebanyakan

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 7 August 2020

Oli Mesin Mobil Harus Sesuai Takaran, Ini Efeknya Jika Kebanyakan

momobil.id – Oli mesin merupakan bagian penting dalam sistem kerja sebuah mobil. Karena termasuk bagian vital, penggantian oli mesin sebagai pelumas mesin mobil perlu diperhatikan periodenya. Selain itu, pemilik mobil juga wajib mengetahui berapa takaran liter oli yang pas pada mobilnya.

Sebab, setiap jenis dan spesifikasi mobil, umumnya punya takaran liter oli berbeda-beda. Ada yang 3,5 liter dan ada juga yang 4 liter. Karena itu, penting bagi setiap pemilik mobil mengetahui berapa takaran liter oli yang dibutuhkan bagi mobilnya saat melakukan penggantian oli. Bila sampai salah takaran atau kelebihan, tentu bisa berakibat fatal bagi mesin mobil itu sendiri.

“Dampaknya permukaan oli akan lebih tinggi, sehingga akan membuat gerakan mesin menjadi terhambat. Ini yang biasa disebut dengan fluid friction,” ucap Nurudin selaku JR. Technical Specialist Rotating Equipment and Gas Engine PT Pertamina Lubricants, seperti dilansir Kumparan.

Terburuknya, bila hal tersebut terus dibiarkan dan sering terjadi, bukan tidak mungkin pemilik mobil akan mengalami turun mesin. “Biasanya mesin akan jadi panas, lalu tarikan juga jadi berat karena piston yang seharusnya mudah bergerak jadi terhambat karena kelebihan oli tadi. Nah akibat mesin berat itu, juga akan jadi boros,” jelas Nurudin.

Baca juga: Mobil Matic Mogok, Apakah Boleh Didorong?

Untuk mengetahui takaran liter pelumas mesin mobil, pemilik mobil bisa melihatnya di buku manual. Namun bagi yang sudah tidak memiliki buku manual, bisa dengan berpatokan pada dipstick oli. “Dipstick itu punya batas maksimal dan minimal. Jadi ya jangan sampai lebih dari batas maksimal itu,” kata Nurudin.

Mudahnya, pemilik mobil bisa mengisi terlebih dahulu oli mesinnya sebanyak 3 liter. Selanjutnya cek dipstick oli yang ada di mesin. Dalam mengeceknya, sebaiknya bersihkan dahulu permukaan dipstick oli tersebut dengan spons atau lap kanebo. Bila sudah dibersihkan, masukan kembali dipstick oli dan selanjutnya cabut lagi untuk mengeceknya. Bila masih kurang, maka tambah oli tersebut sedikit demi sedikit dengan diselingi mengecek dipstick oli.


Kembali ke atas