Over Kredit atau Jual Mobil Setelah Lunas?

Ditulis oleh : admin | 20 February 2017

Over Kredit atau Jual Mobil Setelah Lunas?

Ada beragam macam alasan mengapa orang memilih untuk menjual mobilnya di saat lunas atau selagi menjalani kredit. Alasan menjual mobil yang paling sering ditemui adalah karena sedang BU atau butuh uang atau tidak lagi sanggup untuk membayar cicilan bulanannya. Hal yang menjadi pertimbangan bagi banyak orang di situasi ini biasanya adalah menunggu hingga cicilan lunas baru menjual dan ada yang akan over kredit kepada orang lain untuk melanjutkan cicilan bulanannya. Nah, dari kedua cara itu kira-kira mana ya yang lebih baik?

Over Kredit

over kredit mobil
Source: Cash for Car Sydney

Over kredit merupakan sebuah proses pengalihan tanggung jawab kredit dari A ke B yang diketahui oleh perusahaan leasing tempat A melakukan kredit. Bila Anda ingin mengetahui secara dalam tentang Over kredit, maka silahkan baca artikel ini. Melakukan pengalihan tanggung jawab mungkin bisa dijadikan salah satu alternatif Anda bila:

  1. Sudah terlalu terbebani dengan cicilan bulanan
  2. Ada kebutuhan mendesak yang tidak memungkinkan untuk menjual mobil setelah lunas

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika melakukan over kredit adalah Anda tidak lagi terbebani oleh cicilan bulanan yang mungkin semakin memberatkan. Anda bisa mendapatkan keuntungan dari selisih nilai uang yang sudah dikeluarkan untuk membayar cicilan dengan harga jual mobil. Meski terlihat akan banyak memberikan Anda keuntungan, proses over kredit sangat membutuhkan kehati-hatian dalam penyelesaiannya agar tidak terganjal kasus hukum.

Penjual yang sudah terkena kasus hukum sudah cukup banyak. Hal ini terjadi karena ketidak jelian, kelalaian dan sifat cuek terhadap proses pengalihan tanggung jawab yang mengakibatkan mereka terkena masalah hukum. Beda cerita bila Anda menjual mobil yang sudah memiliki status lunas. Proses dan pengajuan penjualan mobil yang sudah menjadi hak milik Anda akan lebih mudah dan lebih ringkas dibandingkan menjual dengan cara over kredit.

Lunasi Cicilan Dulu Baru Jual

Menjual mobil yang baru selesai proses kredit bisa dikatakan tidak mudah, karena harga jualnya pasti sudah mendekati harga pasaran secara umum. Perbedaan harga yang sangat jauh bila dibandingkan dengan mobil over kredit membuat mobil selesai kredit menjadi sulit. Namun, bila Anda berhasil menjual mobil yang sudah bebas kredit maka keuntungan yang akan Anda terima jauh lebih banyak dibandingkan menjual mobil berstatus over kredit.

Baca Juga : Sebelum Menjual Mobil Lakukan Perhitungan Berikut Ini!

Mana yang lebih baik? Semua tergantung dari kebutuhan dan keadaan Anda. Apakah Anda sanggup menunggu dan membayar cicilan hingga lunas atau Anda mengalihkan tanggung jawab cicilan kepada orang lain lalu mendapatkan sedikit keuntungan dari nilai jual sebesar DP.

mobil terkait

Rp 109.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 125.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 206.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 188.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 120.000.000

Individu

BANDUNG

Rp 190.000.000

Individu

BANDUNG


Kembali ke atas