Pabrik Daihatsu Kembali Produksi untuk Penuhi Pasar Ekspor

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 8 June 2020

Pabrik Daihatsu Kembali Produksi untuk Penuhi Pasar Ekspor

momobil.id – Sejak pandemi COVID-19 terjadi di Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) telah melakukan penyesuaian produk dengan mengurangi jumlah shift kerja hingga menghentikan sementara aktivitas produksi sejak 10 April 2020. Namun setelah libur Lebaran, ADM kini sudah kembali melakukan aktivitas produksi per 3 Juni 2020.

Dalam keterangan di situs resminya, pihak ADM menjelaskan aktivitas produksi setelah libur lebaran difokuskan untuk memenuhi permintaan pasar ekspor atau luar negeri.

ADM juga memastikan seluruh proses produksi sesuai dengan protokol pencegahan COVID-19 yang ditetapkan pemerintah. Seperti pengecekan suhu tubuh saat masuk area kerja, menjaga jarak antar karyawan minimal satu meter, pemberian dan penggunaan masker, membatasi jumlah karyawan dan waktu kerja di setiap area, serta peraturan lainnya yang diperlukan demi menjaga keamanan dan kesehatan karyawan.

Menurut Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor , Amelia Tjandra, walaupun pandemi COVID-19 masih belum selesai, roda perekonomian diharapkan dapat terus berjalan dengan tetap meminimalisir penyebaran virus tersebut.

“Seperti yang dilakukan banyak negara lain, aktivitas ekonomi dan publik telah dibuka secara bertahap dengan menerapkan protokol kesehatan. Kami berharap, penerapan new normal akan berdampak positif pada pasar mobil Indonesia,” ujar Amelia.

Baca juga: Toyota Sediakan Empat Avanza untuk Antar Jemput Pasien Spesimen COVID-19

Sebelumnya pada Mei 2020, Daihatsu juga sempat mengungkapkan tak akan meluncurkan model baru lagi tahun ini di Indonesia. Artinya, peluncuran Ayla dan Sirion facelift pada Maret 2020 menjadi model terakhir yang masuk dalam daftar mobil baru Daihatsu tahun ini.

Menurut Amelia, pihaknya menilai peluncuran mobil baru pada kondisi saat ini kurang tepat. Daihatsu lebih memilih memaksimalkan stok mobil yang sudah ada. Keputusan Daihatsu tak lagi meluncurkan model baru tahun ini memang melihat beberapa faktor. Pertama, kondisi yang belum stabil karena pandemi, penjualan menurun, dan daya beli masyarakat yang juga turun.



Kembali ke atas