Pabrik Mulai Beroperasi, Mobil Listrik Mazda MX-30 Mulai Diproduksi

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 27 May 2020

Pabrik Mulai Beroperasi, Mobil Listrik Mazda MX-30 Mulai Diproduksi

momobil.id – Penyebaran Virus Corona / COVID-19 membuat beberapa produsen mobil menutup pabrik mobilnya sementara. Hal ini juga berlaku bagi pabrik produsen mobil asal Jepang, Mazda. Seiring dengan penyebaran virus yang semakin berkurang pada sebagian negara, Mazda mulai membuka fasilitas pabriknya secara bertahap. Pabrik yang akan dibuka ini berada di Hiroshima dan Yamaguchi. Dengan dibukanya fasilitas pabrik, mobil elektrik Mazda MX-30 siap untuk diproduksi. Mazda MX-30 ini akan diproduksi di pabrik Ujina no. 1, Hiroshima. Seiring dengan kondisi pandemi sekarang, tentunya produksi MX-30 tidak langsung banyak. Produksi mobil ini akan dilakukan secara bertahap. 

Mazda MX-30 sendiri merupakan jawaban Mazda terhadap peraturan emisi yang semakin ketat di Eropa. Mobil ini memiliki bahasa desain yang sama dengan mobil Mazda lainnya. Satu hal yang menjadi pembeda MX-30 dengan Mazda lainnya ada pada pintu belakang. Pintu belakang menggunakan desain suicide atau membuka ke belakang. Dengan pintu yang terbuka kebelakang, tentunya dapat memberikan akses lebih luas terhadap penumpang belakang. Pintu belakang hanya bisa dibuka setelah pintu depan dibuka.

Baca Juga : Rekomendasi Chevrolet Bekas yang Harganya Kini Lebih Terjangkau

Selain desain yang cantik, Mazda MX-30 juga memiliki berbagai macam fitur, diantaranya seperti konsol tengah melayang dan layar 7 inci yang difungsikan sebagai pengatur suhu kabin. Untuk kenyamanan berkendara, Mazda MX-30 disematkan G-Vectoring Control yang disebut dengan e-GVC Plus. Teknologi ini memanfaatkan motor elektrik untuk mengatur perpindahan tekanan beban dari depan ke belakang agar penumpang tidak merasa terlempar saat bermanuver.

Dalam segi mesin, Mobil ini tenagai oleh baterai lithium-ion 35,5 kWh. Baterai ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 107kW atau 144,9 PS dengan torsi 264Nm. Untuk pengisian baterai sendiri menggunakan konektor DC 5O kW, dimana pengisian baterai 0-80% dilakukan dalam waktu 30-40 menit. Berkat baterai ini, Mazda MX-30 diklaim dapat melaju sejauh 200km dalam sekali pengisian baterai. Mobil ini dijual seharga $ 35.000 atau setara dengan Rp 520 jutaan. Rencananya, mobil ini akan disebarkan ke diler di Eropa pada akhir 2020.

Sumber gambar: wikipedia.org


Kembali ke atas