Pahami Arti dari Warna Pada Rambu Lalu Lintas

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 6 May 2020

momobil.id – Semua orang pasti tahu arti gambar pada rambu-rambu lalu lintas. Misalnya ada rambu dengan tanda huruf P dicoret adalah dilarang parkir, atau S dicoret adalah larangan untuk berhenti. Setiap rambu lalu lintas memiliki warna dasar. Warna tersebut sebenarnya memiliki arti tersendiri, namun sebagian orang belum memahami arti dari warna pada rambu lalu lintas. Berikut adalah arti dari masing-masing warna rambu lalu lintas.

Merah

Rambu lalu lintas berwarna merah menandakan larangan. Ciri -ciri rambu lalu lintas ini biasanya berwarna dasar putih dengan garis berwarna merah. Huruf atau angka yang berada dalam rambu ini biasanya berwarna hitam. Contoh rambu lalu lintas berwarna merah ini adalah dilarang parkir, dilarang berhenti, dilarang menyalip, dan larangan lain yang akan berlaku sampai rambu akhir larangan.

Kuning

Rambu lalu lintas berwarna kuning digunakan untuk memberikan peringatan. Peringatan ini dapat berupa kemungkinan adanya bahaya atau tempat yang berbahaya di depan pengguna jalan. Ciri-ciri dari rambu ini mempunyai warna dasar kuning dengan tulisa, gambar, atau lambang berwarna hitam. Contoh dari rambu lalu lintas berwarna kuning ini adalah ketika di depan ada turunan, tanjakan, atau belokan tajam.

Putih

Rambu lalu lintas berwarna putih digunakan untuk memberikan isyarat akhir larangan. Larangan tersebut dapat berupa larangan kecepatan maksimum atau minimum, dan batas akhir seluruh larangan yang dinyatakan oleh satu atau lebih rambu larangan.

Baca Juga : Memanfaatkan Lampu Hazard Dan Lampu LED Mobil Untuk Keselamatan

Biru

Rambu lalu lintas berwarna biru biasanya digunakan sebagai perintah wajib bagi pengguna jalan. Hal ini biasanya ditemukan di perempatan dengan lampu lalu lintas dan pinggir jalan. Ciri-ciri dari rambu ini adalah warna dasar berwarna biru, garis tepi berwarna putih, gambar, huruf, lambang, atau angka berwarna putih. Rambu berwarna biru biasanya digunakan pada penunjuk arah. Contoh dari rambu ini adalah ketika ada rambu berwarna biru dengan penunjuk panah, maka artinya bisa belok langsung.

Hijau

Rambu berwarna hijau berisi tentang informasi yang disampaikan kepada pengguna jalan. Ciri -ciri dari rambu ini adalah berwarna dasar hijau dengan garis tepi putih. Lambang, huruf, atau angka pada rambu ini berwarna putih. Rambu berwarna hijau ini biasanya menunjukkan batasan wilayah, jurusan, atau lokasi fasilitas umum. Sebagian besar orang menemukan rambu berwarna hijau di jalan tol dan tertulis nama tempat, daerah, atau info lainnya.

MOMOBIL.ID, SITUS JUAL BELI MOBIL BEKAS TERBAIK DI INDONESIA

Perusahaan pembiayaan otomotif dan multiguna terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), secara resmi meluncurkan momobil.id yaitu satu-satunya used-car marketplace yang memiliki layanan terlengkap di Tanah Air. momobil.id merupakan platform jual beli mobil bekas yang mempertemukan pembeli dengan penjual mobil bekas perorangan (C2C) dan dealers (B2C). momobil.id menjadi situs jual beli mobil bekas terbaik di Indonesia… karena hanya momobil.id satu-satunya used-car marketplace atau e-commerce otomotif yang memberikan layanan pembiayaan sendiri dan terpercaya dari Adira Finance yang berkomitmen menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dan terdepan di Indonesia. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi beli mobil bekas atau kredit mobil bekas di momobil.id.

Sebagai salah satu automotive marketplace atau situs jual beli mobil terbaik di Indonesia, momobil.id hadir untuk memberi solusi bagi penjual dan pembeli mobil bekas di Tanah Air, karena tak bisa dipungkiri bahwa pasar mobil bekas di Tanah Air masih sangat menjanjikan dan bila dikelola dengan baik akan turut berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi bangsa. Untuk itulah, Adira Finance melalui momobil.id ambil bagian dalam kontribusi tersebut, dengan membantu para penjual dalam memperluas pangsa pasar mereka secara digital (memasarkan atau menjual mobil bekas mereka ke seluruh Indonesia). Sedangkan untuk pembeli, momobil.id membantu dalam memberikan pilihan mobil bekas berkualitas, memberikan berbagai berbagai promo menarik, serta memberikan layanan pembiayaan atau kredit mobil bekas terbaik dan terpercaya dari Adira Finance.
Jadi, mo cari mobil bekas? Mo kredit mobil bekas? Atau mungkin, mo jual mobil bekas? Pilih momobil.id aja! Jual beli mobil: Mudah, aman, dan nyaman!

Kembali ke atas