Pahami Arti Marka Garis Putih dan Kuning pada Jalan Raya

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 7 March 2024

Pahami Arti Marka Garis Putih dan Kuning pada Jalan Raya

momobil.id – Setiap pengguna jalan wajib memahami rambu lalu lintas dan marka jalan agar terhindar dari potensi kecelakaan di jalan raya. Marka jalan di jalan raya sendiri memiliki banyak bentuk sesuai dengan fungsinya. Salah satu yang sering ditemukan adalah marka garis. Berikut arti marka garis berwarna putih dan kuning di jalan raya.

1. Marka Garis Putih Tanpa Putus

Pada umumnya, marka garis putih tanpa putus berada di jalan yang sempit atau tikungan. Marka garis putih tanpa putus menandakan bahwa pengemudi dilarang berkendara melewati garis tersebut. Pengemudi juga tidak boleh mendahului pengguna jalan lain apabila terdapat garis putih tanpa putus. Dalam hal ini, pengemudi kendaraan bermotor harus tetap berada pada jalurnya.

2. Marka Garis Putih Putus-Putus

Garis putus-putus sering ditemui di jalan raya atau jalan tol. Marka ini memiliki arti bahwa pengemudi kendaraan bermotor boleh berpindah jalur atau mendahului pengendara lain. Meskipun demikian, pengemudi perlu melihat kondisi lalu lintas sebelum berpindah jalur.

3. Marka Garis Kuning Tanpa Putus

Garis kuning tanpa putus merupakan tanda jika jalan tersebut merupakan jalan nasional. Hal ini berdasarkan Pearturan Menteri Perhuibungan Nomor PM 67 Tahun 2018 Pasal 16 ayat 2. Garis kuning tanpa putus memiliki arti bahwa pengemudi dapat mendahului pengguna jalan lain dengan memperhatikan kondisi lalu lintas dan tidak keluar dari garis kuning.

4. Marka Garis Kuning Putus-Putus di Tepi Jalan

Marka jalan ini jarang ditemui di jalan raya. Meskipun demikian, garis kuning putus-putus memiliki arti pengendara diperbolehkan mendahului kendaraan lain di tepi jalan.

Baca Juga: Fungsi Road Stud, Marka Jalan yang Menyala di Malam Hari

5. Marka Dua Garis Kuning atau Putih Tanpa Putus

Adanya dua garis kuning atau dua garis putih tanpa putus seringkali ditemukan di jalanan utama lintas kota. Marka jalan dengan dua garis tidak putus ini memiliki arti yang cukup tegas. Pengemudi dilarang keras melewati garis ini untuk mendahului pengendara lain atau berpindah jalur.

6. Marka Garis Ganda Putus-Putus dan Tanpa Putus

Dua garis berbeda ini biasanya dapat ditemui di jalanan perkotaan. Apabila pengemudi berada di jalur garis putus-putus, maka diperbolehkan untuk berpindah jalur atau mendahului. Meskipun demikian, pengemudi tetap memperhatikan kondisi lalu lintas.

Jika pengemudi berada di lajur garis tanpa putus, maka dilarang untuk berpindah jalur atau mendahului. Dalam artian, pengemudi harus tetap berada di jalur yang sesuai.

7. Marka Garis Ganda Putus-Putus

Garis ganda putus-putus seringkali ditemui di jalanan perkotaan. Marka ini memiliki arti pengemudi diperbolehkan untuk mendahului kendaraan lain. Selain itu, pengemudi juga diperbolehkan berpindah lajur.

8. Yellow Box Junction

Marka jalan Yellow Box Junction atau YBJ jarang ditemukan di Indonesia. Meskipun demikian, sejumlah daerah perkotaan seperti Jakarta dan Bandung sudah menerapkan marka jalan tersebut.

Tujuan adanya YBJ agar jalur persimpangan tidak terkunci taua mencegah penumpukan ketika kondisi jalan sedang padat. Kendaraan dilarang untuk melintas dalam jalur tersebut, bahkan berada di kotak garis kuning.

Itulah arti sejumlah garis putih atau kuning yang sering ditemui di jalan raya. Fungsi dari garis tersebut tentunya wajib diketahui oleh pengemudi agar aman berkendara di jalan raya. Itulah daftar harga city car di Indonesia saat ini. Temukan mobil favorit kamu gak pake ribet, download aplikasi adiraku sekarang.

mobil terkait

Rp 145.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 138.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 118.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 100.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 120.000.000

Individu

DENPASAR

Rp 140.000.000

Individu

DENPASAR


Kembali ke atas