Panduan Memilih Tingkat Kegelapan Kaca Film Mobil yang Tepat

Ditulis oleh : Adrian Tirta Kusuma | 9 June 2020

Panduan Memilih Tingkat Kegelapan Kaca Film Mobil yang Tepat

momobil.id – Pemilik mobil baru disarankan untuk mengaplikasikan kaca film pada kaca mobilnya. Tidak hanya mengurangi intensitas cahaya yang masuk ke kabin, penggunaan kaca film dapat memberikan privasi dan perlindungan dari tindakan kriminal. Meskipun demikian, pemilik mobil perlu memperhatikan tingkat kegelapan kaca film pada mobil. Kaca film yang terlalu gelap atau terlalu terang dapat mengganggu pengalaman selama berkendara. Oleh karena itu, pemilihan kaca film tidak boleh sembarangan.

Kaca Depan

Pada bagian kaca depan mobil, dianjurkan menggunakan kaca film dengan tingkat kegelapan 20 persen. Hal ini penting untuk urusan keselamatan agar tidak terlalu gelap. Tingkat kegelapan sebesar 20 persen juga cocok untuk pengemudi yang sering keluar kota melewati jalan berlubang. Jika dirasa terlalu terang, maka disarankan untuk menggunakan kaca film dengan tingkat kegelapan 40 persen dan jangan sampai lebih. Penggunaan kaca film dengan kegelapan 40 persen dapat membantu untuk mengurangi silau matahari pada siang hari, dan pantulan lampu Kendaraan yang berlawanan arah pada malam hari.

Kaca Samping

Apabila tingkat kegelapan kaca depan mobil sebesar 20 persen, maka disarankan untuk menggunakan tingkat kegelapan 40 persen pada kaca bagian samping kanan dan kiri. Hindari memasang kaca film terlalu gelap pada sisi kanan dan kiri pengemudi, karena mata membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menangkap bayangan di spion. Apabila pengemudi memakai tingkat kegelapan 40 persen pada kaca depan, maka tingkat kegelapan kaca samping sebesar 40 persen – 60 persen. Disarankan demikian agar mata merasa teduh pada siang hari. Hal ini juga berdampak pada malam hari, dimana kaca film dapat mengurangi silau pantulan dari lampu mobil belakang.

Baca Juga : Perawatan Rem Tangan untuk Penggunaan Sehari-hari

Kaca Belakang

Untuk bagian kaca belakang, tingkat kegelapan kaca yang tepat adalah 20-40 persen jika spion tengah kabin dilengkapi dengan rayben mode. Namun, bila kaca spion tengah tidak dilengkapi rayben mode, maka disarankan untuk menggunakan kaca film dengan tingkat kegelapan 60 persen. Hal ini untuk menghindari silau dari pantulan lampu mobil belakang lewat spion tengah. Hindari penggunaan tingkat kegelapan 80 persen, karena dapat menyulitkan pandangan ketika berjalan mundur saat malam hari.


Kembali ke atas