Parkir Mobil Matic, Pasang Tuas di Posisi N atau P?

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 9 August 2020

Parkir Mobil Matic, Pasang Tuas di Posisi N atau P?

momobil.id – Keunggulan utama mengapa mobil dengan transmisi matic merupakan favorit banyak orang lantaran menawarkan kepraktisan dan cara pengoperasian yang lebih mudah ketimbang mobil transmisi manual. Meski begitu, mobil matic membutuhkan perlakuan khusus. Salah satunya ketika mobil sedang diam ketika parkir. Tips ketika parkir mobil dengan transmisi matik merupakan salah satu hal yang harus diketahui pemilik kendaraan ini.

Ketika mobil sedang diam, ada dua pilihan di transmisi matic yakni tuas di posisi N atau P. Beberapa pemilik mobil matic mungkin masih ada yang belum tahu posisi tuas mana yang sebaiknya digunakan. Tips ketika sedang parkir bagi pemilik mobil matik yakni sebaikya jangan menggunakan gigi N atau netral lalu disambung dengan rem tangan.

Kebiasaan ini bisa berbahaya jika mobil diparkir para permukaan yang miring, baik tanjakan atau turunan. Sebab, jika ada masalah dengan pengeremannya, seperti kabel rem putus atau mekanisme pengunci patah, mobil bisa meluncur bebas. Kampas rem yang sudah habis juga bisa membuat kinerja rem tangan menjadi tidak optimal.

“Ketika parkir, mobil matik perlu memposisikan transmisinya di P. Gunanya untuk mendukung rem tangan yang kinerjanya bisa saja terganggu. Transmisi di P ini sama seperti memasukkan gigi pada mobil bertransmisi manual,” ujar Dealer Technical Support Dept. Head TAM Didi Ahadi, saat dihubungi Kompas.com.

Baca juga: Tiga Langkah Menyelamatkan Mobil Matic yang Terendam Banjir

Didi melanjutkan, dengan posisi transmisi di P, bagian gigi transmisi akan terkunci. Sehingga, mobil akan berhenti dengan sempurna. “Namun, tetap harus menggunakan rem tangan, agar beban pada komponen transmisi tidak terlalu berat dan tetap awet,” kata Didi.

Adapun hal lain yang perlu diketahui pemilik mobil matic yakni jangan memindahkan transmisi mobil matic pada posisi N (netral) di jalan menurun. Jika itu sering dilakukan, transmisinya bisa rusak atau jebol, karena terdapat pompa oli dan lainnya. Mobil zaman sekarang, jika pengemudi mengemudi dalam jalanan yang menurun, mesin mobil akan secara otomatis menyesuaikan dengan konsumsi bahan bakar.



Kembali ke atas