Pedal Kopling Terasa Berat Ketika Diinjak, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 19 June 2020

Pedal Kopling Terasa Berat Ketika Diinjak, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

momobil.id – Ketika melewati jalanan yang macet atau padat lalu lintasnya, kaki pengemudi mungkin akan terasa pegal karena harus berkali-kali menginjak pedal kopling dan rem. Situasi ini bisa semakin buruk jika pedal kopling terasa berat ketika diinjak.

Pedal kopling yang terasa berat bisa disebabkan beberapa hal. Tapi paling banyak ditemui karena kurangnya perawatan dan perilaku mengemudi yang salah dalam memperlakukan kopling. Berikut lima hal yang bisa menyebabkan pedal kopling menjadi berat.

Cover clutch sudah usang

Jika cover clutch sudah usang, maka bisa dibilang per penekan pelat kopling sudah ‘mati’. Kalau semua bagian di kopling dalam kondisi baik dapat dipastikan injakan tidak terlalu berat.

Release dan pilot bearing rusak

Rusaknya release bearing dan pilot bearing juga bisa menimbulkan ketidaknyamanan ketika menginjak pedal kopling.

Kampas kopling aus

Jika dari hari ke hari pedal kopling terasa semakin keras ketika diinjak, maka bisa jadi kampas kopling sudah mulai aus.

Kurang pelumas

Kurangnya pelumas pada komponen komponen kopling seperti release bearing atau dudukan luncur release bearing dan per cover clutch juga bisa menyebabkan pedal kopling menjadi keras.

Gaya mengemudi

Faktor ini juga bisa menyebabkan pedal kopling menjadi keras. Misalnya, menginjak dan melepas kopling secara kasar. Bila sering dilakukan, bisa mempercepat keausan sistem kopling.

Baca juga: Beredar Bocoran Eksterior dan Interior Nissan X-Trail 2021

Lalu, bagaimana solusi mengatasi pedal kopling yang terasa berat? Jika komponen kopling sudah rusak, maka lebih baik mengganti satu set kopling. Biayanya memang cukup mahal, namun pedal kopling akan kembali normal. Jika penyebabnya kurang pelumas, maka bisa menyemprotkan anti karat pada dudukan luncur melalui karet boot pada fork kopling.

Guna menghindari masalah pada pedal kopling, maka pengemudi sebaiknya melakukan hal-hal berikut:

1. Selalu gunakan gigi satu ketika mulai menjalankan mobil
2. Pindahkan tuas transmisi ke posisi netral ketika berhenti
3. Jangan melakukan teknik setengah kopling saat melewati tanjakan
4. Tidak meletakkan kaki di atas pedal kopling sepanjang mengemudi


Kembali ke atas