Cek Bagian Ini Jika Pedal Rem Terasa Naik Turun Sendiri Pas Lagi Jalan

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 1 December 2021

Cek Bagian Ini Jika Pedal Rem Terasa Naik Turun Sendiri Pas Lagi Jalan

momobil.id – Sistem pengereman mobil yang sedang bermasalah kerap membuat pengemudi merasa was-was. Contoh penyakit yang bisa dirasakan dalam sistem pengereman yakni pedal rem terasa naik turun sendiri ketika mobil sedang berjalan.

Pedal rem yang terasa naik turun sendiri ketika sedang digunakan merupakan penyakit umum pada sistem pengereman mobil. Terkadang, muncul getaran hingga terasa ke roda kemudi. Menurut Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi, pedal rem yang naik turun sendiri bisa terjadi karena piringan cakram yang tidak rata.

“Biasanya itu di piringan cakramnya bergelombang atau tingkat ketebalannya tidak rata. Akibatnya gelombang tersebut akan mempengaruhi tekanan minyak rem sehingga akan terasa pedal rem sedikit naik turun,” jelas Didi seperti dilansir Kompas.com.

Lebih lanjut Didi menjelaskan piringan cakram yang bergelombang bisa terjadi karena beberapa faktor. Bisa karena pemakaian rem yang tidak wajar, bisa juga dikarenakan perubahan suhu drastis seperti terkena air dingin kala piringan cakram masih dalam kondisi panas.

“Saat cakram panas kemudian terkena air hujan atau habis digunakan jarak jauh lalu dicuci, mengakibatkan pendinginan yang cepat pada piringan cakram. Jadi ada beberapa bagian atau sisi yang mengalami pendinginan terlebih dahulu dan tidak merata. Akibatnya piringan cakram akan bergelombang,” paparnya.

Baca juga: Ciri-ciri Minyak Rem Sudah Basi, Segera Ganti Jika Ada Tanda Seperti Ini

Jika piringan cakram betul bergelombang, penanganan yang bisa dilakukan adalah mengikis atau membubut piringan tersebut agar kembali rata. Syaratnya, piringan cakram masih dalam kondisi cukup tebal. “Cara mengatasinya itu dengan dibubut, tapi bubutnya dilakukan secara on wheel. Maksudnya, piringan masih tetap pada posisinya dan tidak dilepas. Ini nantinya dapat presisi, itu ada alatnya sendiri,” ujar Didi.

Adapun jika piringan cakram sudah mulai menipis, lebih baik dilakukan penggantian piringan cakram yang baru. Sebab hal tersebut berkaitan dengan keselamatan mengemudi.

mobil terkait

Rp 345.000.000

Individu

SEMARANG

Rp 205.000.000

Individu

SURABAYA

Rp 343.700.000

Individu

JAKARTA

Rp 1.605.600.000

Individu

JAKARTA

Rp 331.100.000

Individu

Rp 309.100.000

Individu


Kembali ke atas