Begini Cara Mengajukan Pembiayaan Syariah Pembelian Mobil di Adira Finance

Ditulis oleh : Danang Setiaji | 10 September 2021

Begini Cara Mengajukan Pembiayaan Syariah Pembelian Mobil di Adira Finance

momobil.id – Bagi sebagian orang, membeli mobil merupakan sebuah transaksi yang perlu dipertimbangkan secara cermat lantaran harganya yang relatif tinggi. Itu sebabnya ada yang membeli mobil secara tunai, dan ada yang membelinya dengan cara mencicil. Bagi yang ingin mencicil, saat ini ada opsi pembiayaan syariah untuk pembelian mobil.

Adira Finance merupakan salah satu lembaga pembiayaan yang menyediakan layanan pembiayaan syariah untuk pembelian mobil. Pengajuan pembiayaan syariah ini cukup mudah. Salah satu pilihan yang disediakan untuk mengajukan pembiayaan syariah Adira Finance bisa melalui Momobil.id.

Di Momobil.id, calon konsumen bisa memilih sendiri unit mobil yang diinginkan baik mobil bekas atau baru. Setelah memilih unit yang diinginkan, calon konsumen selanjutnya bisa pilih ajukan pembiayaan. Nantinya akan ada opsi pembiayaan syariah yang bisa dipilih oleh calon konsumen.

Secara otomatis, konsumen akan diproses oleh Kantor Cabang Utama Syariah (KCUS) terdekat dari alamat domisili. Selajutnya, konsumen akan melakukan Akad Murabahah di KCUS Adira Finance terkait.

Jika kebetulan KCUS terdekat dengan domisili calon konsumen belum ada dalam daftar saat ini dan konsumen tetap meminta pembiayaan diproses secara syariah, Momobil.id dapat membantu konsumen untuk meneruskan pengajuan pembiayaan melalui KCUS terdekat dari alamat domisili. Adapun informasi selengkapnya terkait pengajuan pembiayaan mobil di momobil.id bisa dilihat di tautan ini.

Tips membeli mobil bekas

Bila membeli mobil baru, maka tak ada hal khusus yang perlu diperhatikan terkait unitnya. Mungkin yang bisa ditanyakan kepada tenaga penjual mobil seperti bonus apa yang didapat dan berapa besaran diskonnya. Kondisi unitnya tentu saja masih bagus karena merupakan unit baru.

Baca juga: Pilih-pilih Mobil Bekas Murah Rp 70 Jutaan di Kelas LCGC

Kondisi tersebut berbeda jika konsumen memutuskan membeli mobil bekas. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan membeli, mulai dari kondisi fisik maupun kelengkapan suratnya. Berikut tips memilih mobil bekas agar bisa mendapatkan unit yang prima dan jelas legalitasnya.

Kondisi mesin

Hal paling penting yang perlu diperhatikan sebagai cara memilih mobil bekas adalah kondisi mesin dari mobil itu sendiri. Buka kap mesin mobil dan perhatikan sekeliling ruang mesin. Pastikan kondisi fisik mesin terlihat baik dan tidak ada kebocoran oli atau bahan bakar lainnya. Hal ini perlu diperhatikan secara detail apakah ada rembesan oli atau cairan lainnya yang dapat berpotensi mengalami kerusakan.

Lampu indikator dan speedometer

Dalam cara memilih mobil bekas, ketelitian tingkat tinggi sangat dibutuhkan agar memperoleh mobil bekas berkualitas baik. Salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah lampu indikator luar dan dalam serta petunjuk speedometer. Pastikan setiap lampu indikator yang ada pada mobil menyala dan speedometer berjalan dengan baik.

Gas buang knalpot

Segala proses berjalannya mesin dapat terlihat dari gas pembuangan di knalpot. Sangat mudah untuk membedakan apakah gas pembuangan dari knalpot baik atau buruk. Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah apabila gas asap dari knalpot berwarna hitam, maka proses pembakaran bensin tidak sempurna

Cek nomor rangka dan mesin

Ini merupakan hal penting guna menjamin legalitas mobil tersebut. Nomor rangka dan nomor mesin sudah seharusnya sesuai dengan yang tertera di STNK dan BPKB. Namun jika nomor rangka dan nomor mesin tak sesuai dengan yang tertulis di BPKB atau STNK, maka lebih baik batalkan niat melakukan transaksi. Jika sesuai namun terdapat bekas-bekas las pada nomor rangka, sebaiknya juga batalkan niat membelinya. Hal ini karena dikhawatirkan mobil tersebut merupakan mobil curian.

Lakukan test drive

Jika tak ada masalah di bagian mesin maupun kelengkapan surat, hal terakhir yang perlu dilakukan adalah test drive. Tahap ini juga penting dilakukan untuk merasakan sendiri performa mobil yang akan dibeli. Calon pembeli juga bisa memperhatikan suara mesin, kenyamanan kabin, kelancaran transmisi, dan performa rem. Selain itu, cek juga kondisi AC dan juga suara saat pertama kali mobil dinyalakan.

mobil terkait

Rp 195.000.000

Individu

PURWAKARTA

Rp 178.000.000

Individu

DEPOK

Rp 260.000.000

Individu

TANGERANG

Rp 247.000.000

Individu

BEKASI

Rp 195.000.000

Individu

PONTIANAK

Rp 192.000.000

Individu

MEDAN


Kembali ke atas